Motivasi Menulis

Pengertian Arbitrasi

Pengertian Arbitrasi (Arbitration) - Arbitrasi merupakan bentuk penyelesaian konflik yang menggunakan jasa penengah. Arbitrasi adalah suatu usaha penyelesaian konflik yang dilakukan dengan bantuan pihak ketiga. Seperti halnya dalam mediasi, pihak ketiga dalam arbitrasi juga dipilih oleh pihak-pihak yang terlibat konflik.

Perbedaannya, jika dalam mediasi, pihak ketiga hanya mempertemukan pihak yang terlibat konflik. Sedangkan dalam arbitrasi, pihak ketiga sebagai perantara yang mempertemukan kehendak kompromistis pihak yang terlibat konflik. Sebagai penengah, mereka menyelesaikan konflik dengan membuat keputusan-keputusan penyelesaian atas dasar ketentuan yang telah ada.

Apakah konflik membawa akibat positif atau tidak? Hal itu tergantung pada persoalan yang dipertentangkan dan dari struktur sosial karena konflik menyangkut tujuan, nilai, atau kepentingan. Konflik akan bersifat positif apabila konflik tersebut tidak berlawanan dengan pola-pola hubungan sosial di dalam struktur sosial tertentu. Namun, konflik akan bersifat negatif jika berlawanan dengan pola-pola hubungan sosial di dalam struktur sosial tertentu.

Salah satu faktor yang dapat membatasi akibat negatif suatu konflik adalah sikap toleransi yang sudah melembaga. Dalam masyarakat yang anggotanya mengadakan interaksi dalam frekuensi yang tinggi, konflik lebih mudah ditekan daripada dalam masyarakat yang tidak saling berinteraksi.
Labels: sosiologi

Thanks for reading Pengertian Arbitrasi. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Arbitrasi"

Back To Top