Motivasi Menulis

Program Kesejarahan, Kepurbakalaan, dan Permuseuman


Program kesejarahan memiliki tujuan, antara lain sebagai berikut.

Museum dijadikan sebagai informasi sejarah


  1. Tujuan umum, yaitu untuk memupuk kesadaran bersejarah dan apresiasi terhadap warisan budaya, terutama yang berbentuk material, seperti bangunan dan benda-benda yang bergerak.
  2. Tujuan khusus, yaitu untuk meningkatkan kesadaran bersejarah pada masyarakat Indonesia sebagai satu bangsa yang telah berjuang dalam mencapai kemerdekaan serta mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Kesadaran bersejarah itu bukan hanya untuk mempersatukan bangsa atas dasar persamaan sejarahnya, melainkan juga membangkitkan kebanggaan nasional.


Program kepurbakalaan memiliki tujuan untuk memberi gambaran mengenai nenek moyang bangsa Indonesia yang telah mampu membuat sejarah dan mengembangkan kebudayaan atas dasar nilai-nilai dan gagasan utama, seperti yang tercermin dalam peninggalan sejarah. Program ini meliputi perundangan, penyelamatan, serta pemugaran peninggalan sejarah dan purbakala.

Program permuseuman mencakup penyebarluasan informasi kebudayaan, terutama lewat pameran dan peragaan benda-benda budaya di gedung-gedung museum yang tersebar di seluruh tanah air. Benda-benda itu merupakan perwujudan dari masyarakat pendukung kebudayaan bersangkutan dalam tantangan sejarah yang dialami.
Labels: antropologi

Thanks for reading Program Kesejarahan, Kepurbakalaan, dan Permuseuman. Please share...!

0 Komentar untuk "Program Kesejarahan, Kepurbakalaan, dan Permuseuman"

Back To Top