Motivasi Menulis

Pengertian Istihsan

Pengertian Istihsan - Istihsan menurut bahasa adalah menganggap sesuatu itu baik. Sedangkan menurut istilah ulama ushul fiqh istihsan yaitu berpalingnya seorang mujtahid dari tuntutan qiyas yang jail (nyata)kepada tuntutan qiyas yang khafy (samar), atau dari hukum kulli (umum) kepada hukum istitsnaiy (pengecualian) ada dalil yang menyebabkan dia mencela akalnya dan memenangkan perpalingan ini.

Istihsan

Apabila terjadi suatu kejadian dan tidak ada nash mengenai hukumnya, dan untuk menganalisisnya terdapat dua aspek yang berbeda, yaitu:

Pertama: Aspek yang nyata menurut suatu hukum tertentu,
Kedua: Aspek yang tersembunyi yang menghendaki hukum lain.

Selanjutnya pada diri mujtahid terdapat dalil yang mengunggulkan segi analisis yang tersembunyi, lalu ia berpaling dari aspek analisis yang nyata, maka ini disebut dengan nama:Istihsan, menurut istilah syara’. Demikian pula apabila ada hukum yang bersifat kulli (umum), namun pada diri si mujtahid ada dalilyang menuntut pengecualian kasuistis dari hukum yang bersifat kulli (umum) tersebut dan menuntut hukum lainnya, maka ini juga menurut syara’ disebut dengan istihsan.
Labels: Ilmu Hadist, Ilmu Ushul Fiqh

Thanks for reading Pengertian Istihsan. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Istihsan"

Back To Top