Motivasi Menulis

Pengertian Afinitas Elektron

Pengertian Afinitas elektron - Afinitas elektron adalah energi yang terlibat (dilepas  atau diserap) ketika satu elektron diterima oleh atom suatu unsur dalam keadaan gas. Makin negatif nilai afinitas elektron, maka makin besar kecenderungan unsur tersebut dalam menyerap elektron (kecenderungan membentuk ion negatif).
Afinitas Elektron dalam tabel periodik

Afinitas elektron suatu unsur:
  • Dalam satu golongan afinitas elektron unsur dari atas ke bawah makin berkurang.
Muatan inti bertambah positif, jari-jari atom makin besar, dan gaya tarik inti terhadap elektron yang ditangkap makin lemah. Akibatnya afinitas elektron berkurang.
  • Dalam satu periode afinitas elektron unsur dari kiri ke kanan cenderung bertambah.
Muatan inti bertambah positif sedang jumlah kulit tetap menyebabkan gaya tarik inti terhadap elektron yang ditangkap makin kuat. Akibatnya afinitas elektron cenderung bertambah.

Afinitas Elektron

Gambar di atas menunjukkan bahwa atom unsur golongan 2A dan 8A mempunyai afinitas elektron yang berharga positif. Hal ini mengindikasikan bahwa unsur golongan 2A dan 8A sulit menerima elektron. Afinitas elektron terbesar dimiliki oleh unsur golongan halogen karena unsur golongan ini paling mudah menangkap elektron. Jadi secara umum dapat dikatakan bahwa afinitas elektron, dalam satu periode, dari kiri ke kanan semakin negatif dan dalam satu golongan dari atas ke bawah, semakin positif.
Labels: kimia

Thanks for reading Pengertian Afinitas Elektron. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Afinitas Elektron"

Back To Top