Motivasi Menulis

Peradaban Babilonia Baru

Peradaban Babilonia Baru - Babilonia bangkit kembali dan dikenal sebagai Babilonia Baru tahun 612 SM, pendukungnya bangsa Khaldea dengan raja yang terkenal adalah Nebukadnezar. Ia menyerbu Yerusalem dan memboyong semua orang Yahudi sebagai budak Babilonia, ini yang disebut masa pembuangan Babil.

Peradaban Babilonia Baru

Babilonia mencapai kejayaan pada masa Nebukadnezar (612-536 SM). Hasil kebudayaan Babilonia baru yang terkenal adalah Istana Bertingkat dan Taman gantung diatas bukit-bukit buatan. Dikatakan taman gantung, karena jika dilihat-lihat seolah-olah taman itu menggantung. Pada masa ini juga menara Babilonia dibangun, namun tidak pernah selesai.

Kepercayaan orang Babilonia Baru adalah menyembah banyak dewa, seperti dewa Saturnus, dewa Mars, dewa Venus, dan Pluto. Peninggalan seni budayanya adalah Taman Bergantung, yakni taman di atas bukit dilengkapi dengan flora dan fauna, menara Babil yang menambah keindahan kota sebagai mercu suar bagi pedagang yang menuju kota Babil, dan Jembatan Raja yang menghubungkan kota Babil dengan Taman Bergantung. Mereka juga sudah mengenal astronomi, almanak dan nama-nama planet. Selain itu, mereka memiliki ilmu matematika untuk menghitung keliling dan luas lingkaran dengan 360o serta menghitung waktu satu minggu ada 7 hari, satu hari ada 24 jam, dan tiap jam ada 60 menit. Bangsa Babilonia runtuh disebabkan oleh serangan bangsa Media dan Persia tahun 530 SM.
Labels: sejarah

Thanks for reading Peradaban Babilonia Baru. Please share...!

0 Komentar untuk "Peradaban Babilonia Baru"

Back To Top