Motivasi Menulis

Hukum Kekentalan Momentum

Hukum Kekentalan Momentum - Persamaan F . Δt = Δp yang telah kita turunkan menyatakan bahwa
momentum suatu sistem dapat berubah jika ada gaya dari luar yang bekerja pada sistem itu. Tanpa adanya gaya luar ini momentum sistem tidak berubah (Δp = 0) atau momentum sistem kekal.

Hukum Kekekalan Momentum

Sebagai gambaran kita tinjau sebuah senapan yang menembakkan peluru. Sistem kita anggap terdiri atas peluru dan senapan. Pada sistem ini tidak ada gaya luar yang bekerja, sehingga kita harapkan momentum sistem tidak berubah. Setelah peluru ditembakkan ternyata senapan tertolak ke arah belakang.

Apakah benar momentum sistem tidak berubah?
Bukankah momentum peluru mengalami perubahan setelah penembakan? Memang benar momentum peluru mengalami perubahan yaitu dari nol (sebelum penembakan), menjadi tidak nol (sesudah penembakan)!

Akan tetapi kita harus ingat bahwa senapan juga mengalami perubahan momentum. Momentum senapan setelah penembakan ini sama dengan momentum peluru, tetapi arahnya berlawanan. Akibatnya momentum sistem (momentum senapan + momentum peluru) sama dengan nol, yaitu sama dengan momentum mula-mula. Dengan kata lain momentum kekal.

Di sini dua buah bola yang masingmasing bermassa m1 dan m2 bergerak dengan kecepatan v1 dan v2 

Kemudian kedua benda bertumbukan ( gambar (b)) dan setelah bertumbukan kecepatan masingmasing benda menjadi v1’ dan v2’. Karena tidak ada gaya luar yang bekerja pada sistem tersebut, maka momentum sistem kekal, artinya momentum sebelum dan sesudah tumbukan sama. p sebelum tumbukan = p sesudah tumbukan

m1 . v1 + m2 . v2 = m1 . v1' + m2 . v2'

Persamaan tersebut dinamakan Hukum Kekekalan Momentum yang menyatakan:
"Jika tidak ada gaya luar, maka momentum sistem sebelum dan sesudah
tumbukan kekal".
Labels: fisika

Thanks for reading Hukum Kekentalan Momentum. Please share...!

0 Komentar untuk "Hukum Kekentalan Momentum"

Back To Top