Motivasi Menulis

Proses Metabolisme pada Tumbuhan

         Fotosintesis adalah proses sintesis karbohidrat menggunakan energi matahari yang ditangkap melalui reaksi kompleks dan melibatkan banyak molekul mikro dan makro. Proses ini merupakan cara tumbuhan mensintesis makanan.
                                       cahaya matahari
                        H2O  + CO                (CH2O )n    +  O2



Selain karbohidrat proses ini juga menghasilkan oksigen sehingga tercapai keseimbangan oksigen di alam.
             Blackman (1905) menunjukkan bahwa fotosintesis terjadi melalui 2 tahap, yakni reaksi terang dan reaksi gelap. Reaksi terang adalah proses perubahan  energi cahaya menjadi energi kimia. Biasanya dalam bentuk ATP dan NADPH. Pada reaksi gelap prosesnya tidak langsung menggunakan cahaya matahari. Reaksi ini merupakan  penggabungan  CO2 dengan senyawa karbon tereduksi hasil metabolisme karbohidrat secara enzimatik. Atau merupakan reaksi pembentukan karbohidrat (monosakarida) melalui reduksi CO2 dengan menggunakan ATP dan NADPH yang diperoleh pada reaksi terang.
            Dikenal ada 3 jalur penambatan CO2 yaitu : daur Calvin-Bassham (siklus C3), daur Hatch-Slack (atau siklus C4) dan jalur asam Crussullaceae (CAM). Calvin-Bassham dan Hatch-Slack  adalah empat orang pertama yang menemukan reaksi sintesis glukosa pada beberapa golongan tumbuhan.  C3 menunjukkan golongan senyawa berkarbon tiga (3-fosfogliserat) yang terbentuk seperti pada buah-buahan, sayur-sayuran, padi-padian dan kacang-kacangan. Sedang C4 menunjukkan golongan senyawa berkarbon empat (oksaloasetat) yang terbentuk pada tumbuhan tropik, dan tumbuhan asli daerah sedang seperti jagung, tebu, dan sorgum.

Labels: Biokimia, Biologi, pendidikan

Thanks for reading Proses Metabolisme pada Tumbuhan. Please share...!

0 Komentar untuk "Proses Metabolisme pada Tumbuhan"

Back To Top