Motivasi Menulis

Klasifikasi Meristem

Klasifikasi meristem dibuat berdasarkan beberapa ciri, yakni menurut tempatnya dalam tubuh tumbuhan, asalnya, jaringan yang dihasilkannya, strukturnya, stadium perkembangannya, dan fungsinya.


Menurut tempatnya tumbuhan dikenal :
a. meristem apikal yang terdapat pada ujung batang dan ujung akar;
b. meristem interkalar, yang terdapat di anatara jaringan dewasa seperti misalnya di pangkal ruas, batang rumput-rumputan;
c. meristem lateral, yang terdapat sejajar dengan keliling organ tempat jaringan ini ditemukan, misalnya kambium pembuluh dan kambium gabus.

jaringan meristem


Menurut asalnya, dibedakan meristem primer dan meristem sekunder. Meristem primer adalah meristem yang berkembang langsung dari sel embrionik dan sebab itu merupakan kesinambungan kegiatan embrio di tempat itu. Meristem sekunder adalah meristem yang berkembang dari jaringan yang telah mengalami diferensiasi. Namun, pembagian menurut asal tidak terlalu tepat. Mersitem apeks dari organ tumbuhan seperti akar adventif dapat berkembang dari jaringan yang telah dewasa sehingga seharusnya diklarisifikasikan ke dalam meristem sekunder, meskipun menurut struktur dan fungsinya merupakan meristem primer. Contoh meristem sekunder adalah kambium gabus yang berkembang dari sel parenkim atau kolenkim yang telah mengalami diferensiasi. Sumber : (Estiti B.Hidayat)
Labels: anatomi tumbuhan, Biologi, pendidikan

Thanks for reading Klasifikasi Meristem. Please share...!

0 Komentar untuk "Klasifikasi Meristem"

Back To Top