Motivasi Menulis

Pengertian Sistem Rangka

Sistem rangka manusia merupakan endoskeleton yang berada di dalam tubuh, berbeda dengan eksokeleton pada seranggga yang berada di luar tubuh. Sistem rangka manusia terbuat dari kartilago atau tulang rawan dan tulang kompak. Tulang-tulng tersebut terhubung satu sama lain dengan sendi, dimana ligamen melekatkan tulang tersebut (Bresnick 2003,133).
Sistem rangka adalah suatu sistem organ yang memberikan dukungan fisik pada makhluk hidup. Sistem rangka pada umumnya dibagi menjadi 3 tipe: eksternal, internal, dan basis cairan (rangka hidrostatik), walaupun sistem rangka hidrostatik dapat pula dikelompokkan secara terpisah dari dua jenis lainnya karena tidak adanya struktur penunjang. Rangka manusia dibentuk dari tulang tunggal atau gabungan (seperti tengkorak) yang ditunjang oleh struktur lain seperti ligamen, tendon, otot, dan organ lainnya. Rata-rata manusia dewasa memiliki 206 tulang, walaupun jumlah ini dapat bervariasi antara individu (Alvyanto 2010).
 
Tulang merupakan organ yang sangat keras yang berfungsi sebagai alat gerak, penyokong tubuh, tempat melekatnya otot, dan melindungi organ yang lunak. Terdiri atas senyawa kalsium klorida (CaCl2), kalsium fosfat (Ca2PO4), magnesium klorida (MgCl2), barium klorida (BaCl2) dan barium sulfat (BaSO4) (Astuningsi 2006, 175)
Labels: Biologi, mata kuliah, Strukrtur Hewan

Thanks for reading Pengertian Sistem Rangka. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Sistem Rangka"

Back To Top