-->
Motivasi Menulis

Pengertian Gender

Gender adalah perbedaan sosial antara perempuan dan laki-laki. Gender umumnya mengacu pada hubungan antara laki-laki dan perempuan, anak laki-laki dan perempuan, dan bagaimana hubungan sosial ini dibangun. Beberapa kebudayaan sendiri umumnya memiliki peran gender yang spesifik yaitu “pria” dan “wanita” yang secara kolektif kemudian disebut juga sebagai gender ketiga seperti golongan Bissu di masyarakat Bugis Sulawesi serta orang-orang hijra di Asia Selatan.



Misalnya, bahwa perempuan itu dikenal lemah lembut, cantik, emosional, atau  keibuan. Sementara laki-laki dianggap kuat, rasional, jantan, perkasa. Ciri dari sifat  itu sendiri merupakan sifat-sifat yang dapat dipertukarkan. Artinya ada laki-laki yang  emosional, lemah lembut, keibuan, sementara juga ada perempuan yang kuat, rasional  dan perkasa.

Perbedaan gender antara laki-laki dan perempuan dengan pembedaan peran  dan posisi sebagaimana realita yang ada pada dunia dewasa ini tidak akan  menjadi masalah selama itu adil. Namun dalam kenyataan yang ada perbedaan  peran tersebut membatasi gerak keduanya sehingga melahirkan ketidakadilan.  Terlebih kepada perempuan, dalam realita yang ada, penulis banyak sekali  menyaksikan kejadian-kejadian yang merujuk pada ketidakadilan terhadap  perempuan. Seorang anak perempuan diasumsikan tidak perlu sekolah tinggi,  tidak perlu pendidikan lanjut karena pada ujungnya hanya berkutat pada  pekerjaan domestik saja.


0 Komentar untuk "Pengertian Gender"

Back To Top