-->
Motivasi Menulis

Harus Dihindari, Inilah Faktor Penyebab Terjadinya Kerusakan Laut

Laut merupakan salah satu bagian penting kehidupan. Bagi flora dan fauna tertentu, laut menjadi tempat berlangsungnya ekosistem. Sementara itu, bagi manusia, laut bisa menjadi salah satu sumber mata pencarian untuk memenuhi kebutuhan hidup. Para nelayan bisa mendapatkan keuntungan dari menangkap ikan di laut. Kalangan lainnya bisa mendapatkan keuntungan dari membuka area wisata bertema laut. Karena pentingnya laut bagi banyak pihak, semua kalangan harus memikirkan upaya penanggulangannya apabila terjadi pencemaran laut. Namun sanngat disayangkan masih banyak yang tidak peduli dengan lingkungan terutama yang ada di laut, hingga membuat ekosistem yang ada di laut jadi terganggu. Aktivitas manusia menjadi salah satu penyebab kerusakan laut yang menyebabkan terganggunya ekosistem yang ada di laut.

Kerusakan Laut
Kerusakan Laut

kesadaran masyarakat untuk menjaga ekosistem laut di Indonesia terlihat sangat kurang. Hal ini bisa dibuktikan dengan data yang menunjukkan bahwa Indonesia berada di peringkat kedua negara dengan penghasil sampah plastik terbesar di dunia. Tentu ini bukan sebuah prestasi yang membanggakan bagi negeri ini. Dilansir dari laman CekAja, setiap tahun Indonesia memproduksi hingga 3,2 juta ton sampah plastik. Ironisnya, sebagian besar sampah plastik ini selalu berakhir di lautan karena kurangnya pengelolaan. Jika dihitung, setiap penduduk Indonesia bertanggung jawab atas 17,2 kg sampah plastik yang mengapung dan mencemari ekosistem di laut.

Apakah hanya sampah saja yang dapat merusak ekosistem laut? Tentu saja tidak. Penyebab sekaligus ancaman kerusakan ekosistem laut di Indonesia juga berasal dari adanya pencemaran limbah industri. Aktivitas industri yang tidak memiliki sistem pembuangan limbah akan memiliki dampak yang serius. Sumber daya laut seperti ikan-ikanan, udang dan yang lainnya apabila telah tercemar dan terkonsumsi oleh manusia maka hal tersebut tentu akan berdampak sangat buruk terhadap manusia. Seperti yang kita tahu, air dan minyak memiliki karakter yang berbeda serta tidak dapat bercampur. Selain itu, limbah minyak juga mengandung zat berbahaya yang cukup mudah mematikan ekosistem ikan di laut. Tidak hanya ikan, ekosistem terumbu karang juga bisa rusak dan musnah ketika limbah pertambangan yang berupa minyak dibuang ke laut.

Hal berikutnya yang menjadi penyebab pencemaran laut adalah eksploitasi ikan. Eksploitasi ikan merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan masalah pencemaran laut. Para nelayan yang melakukan penangkapan ikan secara besarbesaran menggunakan bahan peledak atau bahan berbahaya lainnya akan membuat regenerasi ikan laut terganggu. Karena itu, sebaiknya hindari mengeksploitasi ikan dengan cara yang tidak dibenarkan hanya demi meraup keuntungan. Bagaimanapun, menjaga kelestarian demi keberlangsungan hidup anggota ekosistem laut adalah yang paling diutamakan.

Terakhir yaitu Eutrofikasi. Eutrofikasi merupakan istilah yang merujuk pada suatu kejadian dimana tumbuhan sejenis alga hidup dan berkembang biak dengan cepat sehingga mendominasi perairan. Karena alga merupakan tumbuhan yang hidup dan bernapas dari oksigen, terjadi penipisan kadar oksigen di laut.

Setelah mengetahui berbagai hal yang bisa menyebabkan masalah pencemaran laut tersebut, semua pihak tentu harus memikirkan upaya-upaya yang tepat untuk mencegah dan mengatasi masalah pencemaran lingkungan yang satu ini. Upaya tersebut bisa dilakukan dengan car aini:

1. Peduli terhadap Lingkungan Laut

Seperti jangan membuang sampah di area laut. Agar tidak terjadi penumpukan sampah-sampah plastik yang membuat laut menjadi kotor.

2. Bank sampah

Plastic Bank adalah usaha sosial yang membayar sampah plastik dengan harga di atas harga pasar. Orang yang mengumpulkan plastik dapat menukarkannya dengan uang, barang (bahan bakar, kompor) atau layanan, seperti biaya sekolah Proyek ini memberi insentif kepada orang-orang untuk mengumpulkan plastik sebelum memasuki saluran air sambil memerangi kemiskinan, memberikan penghasilan, membersihkan jalanan, dan mengurangi jumlah sampah yang masuk ke lautan.

0 Komentar untuk "Harus Dihindari, Inilah Faktor Penyebab Terjadinya Kerusakan Laut"

Back To Top