-->
Motivasi Menulis

Cara Mengatur Keuangan untuk Pasangan Muda

Semua pasangan suami istri pasti ingin memiliki pengeluaran dan pendapatan bulanan yang berbeda-beda. Terutama pada pasangan muda yang harus ekstra perhatian dan pintar dalam mengelola keuangan karena mengatur dan mengelola keuangan harus bisa sesuai pendapatan dan pengeluaran. Jika pengeluaran kita banyak maka kita harus meminalisir pengeluaran kita agar bisa menyimpan uangnya. Nah, jadi memang penting banget kita sebagai pasangan muda dapat mengatur keuangan. Nah, tulisan ini saya mau sharing mengenai istriku dalam mengelola keuangan dalam rumah tangga cocok banget nih untuk pasangan muda. Kami juga selalu  membaca referensi mengenai rahasia pasangan muda atur keuangan jadi bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Rahasia Pasangan Muda Atur Keuangan
Rahasia Pasangan Muda Atur Keuangan


Kebutuhan pasangan muda setelah memutuskan untuk menikah pasti sangat banyak, tentunya diluar dari pendapatan. Namun, kita bisa menjadikan pengalaman pengeluaran bulan lalu dan tidak mengikuti yang telah terjadi maka bisa dipastikan untuk mengikuti cara yang kami lakukan dalam mengatur keuangan dalam rumah tangga.

Kalau kami biasanya utamakan yang butuh dulu, setelah tercapai baru kita membeli sesuatu yang diinginkan. Karena sesuatu yang kita butuhkan pasti tidak bisa ditunda dong. Seperti kita harus makan maka kita butuh beras, lauk pauk. Nah, hal tersebut yang kita butuhkan untuk bisa membeli itu semua ialah dengan uang. Makanya dengan kita harus memenuhi kebutuhan terlebih dahulu. Selain itu kami juga melakukan beberapa hal ialah sebagai berikut : 

- Saling terbuka satu sama lain

Sebagai suami istri dan juga termasuk pasangan muda setelah ijab kabul dilakukan maka sudah sah menjadi suami istri dengan begitu kita harus pandai dan pintar mengatur dan mengelola keuangan. Tidak hanya itu, pasangan muda juga harus terbuka satu sama yang lain terutama pada gaji. Jadi jika suami bekerja maka seorang suami harus terbuka berapa pendapatannya setiap bulan. Dan jika bisa pendapatan bulanannya diberikan kepada istrinya. Seorang istri juga harus terbuka/transparan dalam memberikan pengeluaran kemana saja dan apa saja yang di beli. Sehingga tidak menjadi selisih paham atau perdebatan. 

  • Membuat Rancangan Pengeluaran Sendiri

saya biasanya mengandalkan buku dan pulpen untuk dibuat apa saja yang dibeli untuk pengeluaran dalam sebulan. Nah, pada rancangan ini kita juga harus memberi tahu kepada suami jika pengeluaran untuk sebulan ini akan dibeli untuk ini itu. Karena setiap rumah tangga pasti beda pengeluarannya. 

Kita juga sangat disarankan untuk membuat pos pengeluaran. Jadi seperti teman istri saya membuat perpos, jadi dalam amplop tersebut untuk tabungan, ada untuk belanja, dana darurat, uang tagihan listrik, air, rumah sewa dan sebagainya. 

Untuk itu cantumkan besaran pengeluaran secara detail di masing-masing pos tersebut. Jangan lupa untuk menyusun berdasarkan skala prioritas dari tiap-tiap pos.
  • Menghindari Pinjaman
Semua pasangan muda ingin memiliki rumah sendiri, kendaraan sendiri, perlengkapan rumah yang lengkap namun, untuk mendapatkan semua itu harus butuh dana yang besar pula. Semakin besar keinginan kita maka akan semakin besar pula pengeluaran kita. Untuk itu saya dan istri selalu menghindari pinjaman terutama meminjam uang untuk kebutuhan gaya. Itu yang harus kami hilangkan dari pikiran. Kalau kami tetap ingin mendapatkan dana yang banyak untuk memenuhi kebutuhan rumah, kami berusaha mencari pemasukan lain, melakukan seperti jualan dan sebagainya. 

Karena saat kondisi terdesak, mengambil pinjaman justru dapat membuat kondisi ekonomi keluarga menjadi semakin rumit. Jika memang tidak ada pilihan lain selain berhutang, perlu dipikirkan model pinjaman seperti apa yang paling memungkinkan. Jadi jangan selalu tergiur dalam mengambil pinjaman. Karena semua itu harus dipikirkan dengan baik.

Oh iya guys, saya ada saran jika tetap memutuskan untuk mengambil pinjaman maka ada lebih baiknya harus dikonsultasikan kepada yang pintar dan pandai dalam mengatur keuangan. Nah, HSBC Advance bisa menjadi solusi tepat dengan produk tabungan yang bisa memberikan keuntungan lebih, yaitu suku bunga tinggi hingga 3,5% per tahun melalui HSBC High Rate Saving.

So, yuk kita sebagai pasangan muda ayo semangat dalam mengatur keuangan. Jangan lupa untuk sisihkan uang kita untuk dana darurat.
0 Komentar untuk "Cara Mengatur Keuangan untuk Pasangan Muda"

Back To Top