-->
Motivasi Menulis

Faktor Penyebab Kesalahan di Data Center Indonesia yang Wajib Diketahui

Menggunakan teknologi informasi untuk memberikan kemudahan didalam pengelolaan data memang sudah bukan menjadi ha lasing di dunia bisnis. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan keberadaan data center Indonesia.

Ini merupakan suatu layanan dimana dapat digunakan untuk menyimpan sistem komputer beserta dengan komponen-komponen yang ada didalamnya. Didalam sistem itulah, nantinya akan tersimpan data-data penting dari perusahaan yang bersangkutan mulai dari struktur organisasi, aur keuangan hingga informasi-informasi penting lainnya.

 

Faktor Penyebab Kesalahan di Data Center Indonesia yang Wajib Diketahui

Tentu saja, semua data tersebut mempunyai kapasitas yang besar sehingga penggunaan data center dapat menjadi solusi yang terbaik. Sebab data center mempunyai ruang penyimpanan yang sangat fleksibel dimana dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing klien.

Faktor Penyebab Kesalahan di Data Center

Terlepas dari semua keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan dari penggunaan data center Indonesia, ternyata pusat data inipun juga mempunyai risiko yang cukup besar apabila tidak digunakan atau dioperasikan dengan baik.

Bayangkan saja, apabila semua data yang terjadi didalam satu tempat dan terjadi kesalahan didalam sistem operasional, pasti akan menyebabkan semua server mengalami down.

Ini memang menjadi salah satu hal yang cukup menakutkan bagi kebanyakan para pengguna data center yang ada di dunia baik perusahaan maupun instansi. Ternyata terdapat sejumlah faktor dimana dapat menyebabkan kegagalan atau kesalahan didalam data center tersebut.

Masalah yang satu ini bisa disebut dengan downtime, berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan kesalahan atau kegagalan tersebut.

1.       Faktor keamanan

Faktor pertama yang dapat menyebabkan adanya masalah pada data center adalah faktor keamanan. Faktor keamanan tersebut ternyata juga tidak hanya dipengaruhi oleh serangan dari luar saja tetapi juga dapat disebabkan dari internal data center tersebut.

Seperti adanya data center professional dimana tidak sengaja memberikan izin terhadap skema phishing berjalan di sebuah server. Untuk anda yang ingin terhindar dari masalah satu ini, maka sangat penting untuk memastikan apabila layanan data center yang anda pilih tersebut sudah dirancang dengan menggunakan sistem keamanan yang bagus.

2.       Instalasi kabel

Masih ada faktor lainnya yang menyebabkan adanya masalah pada data center Indonesia yakni masala instalasi kabel. Faktor yang satu ini memang sering dianggap sepele bagi sebagian besar pengguna.

Tetapi ternyata bisa menjadi masalah fatal terhadap data center. Berikut ini beberapa hal dimana dapat menyebabkan kabel dalam data center terganggu.

a.       Adanya bundle kabel yang cukup padat tetapi kencang.

b.      Kebel tertekuk ataupun terputar-putar.

c.       Pemilihan jenis kabel yang salah untuk diaplikasikan pada jaringan tertentu.

d.      Kabel dengan return loss dan near-end crosstalk yang buruk.

3.       Human eror

Masalah lainnya yang dapat mengganggu kinerja dari data center adalah faktor kesalahan manusia atau human error. Berdasarkan dengan the Uptime Institute, sebanyak 70% hilangnya koneksi server disebabkan karena faktor kelalaian manusia.

Hal ini bisa disebabkan karena para karyawan data center yang tidak sengaja mematikan sistem UPS didalam data center.

4.       Faktor pendingin udara

Masalah terakhir yang dapat menyebabkan data center mengalami masalah adalah disebabkan karena faktor pendingin didalamnya. Karena Indonesia sendiri mempunyai iklim tropis maka masalah pendingin juga dapat menjadi masalah yang dapat terjadi.

Kesalahan atau kegagalan data center dalam bekerja memang menjadi salah satu hal yang sangat mengganggu bukan? Agar masalah tersebut tidak terjadi, pastikan anda memilih layanan data center Indonesia dari NEX sebagai perusahaan professional dan terpercaya.

Labels: Teknologi, Tik

Thanks for reading Faktor Penyebab Kesalahan di Data Center Indonesia yang Wajib Diketahui. Please share...!

0 Komentar untuk "Faktor Penyebab Kesalahan di Data Center Indonesia yang Wajib Diketahui"

Back To Top