-->
Motivasi Menulis

Inilah Tips Mengatasi Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit

Saking sayangnya sama anak,mungkin kita sebagai orangtua jadi sibuk mengkhawatirkan dirinya sepanjang waktu. Tetapi wajar kekhawatiran itu muncul, apalagi saat anak lemas setelah sembuh dari sakit, sang anak terlihat tidak semangat beraktifitas kembali seperti biasanya. Para orangtua tidak perlu khawatir berlebihan karena kondisi sang anak masuk fase pemulihan. Dalam fase ini, performa tubuh belum sepenuhnya kembali normal. Si Kecil butuh waktu hingga akhirnya dapat aktif kembali seperti sedia kala.

Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit
Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit

Selama masa pemulihan, anak mungkin masih tampak lemas, malas makan, dan belum terlihat ceria. Karena kondisi tubuhnya masih belum fit, Si Kecil akan merasa tidak nyaman dan kadang jadi rewel. Namun dengan dampingan dan perawatan yang baik dari orang tua, anak dapat melalui fase ini dengan lebih nyaman, dan pemulihannya akan lebih cepat. Oleh karena itu, lakukanlah beberapa tips di bawah ini untuk membantu anak pulih dari sakit.

  • Mengajaknya Main Bersama

Meskipun sudah dinyatakan sembuh terkadang tubuh seseorang masih akan merasakan hal berbeda seperti belum normal kembali. Kondisi ini juga dirasakan oleh anak anak setelah mengalami suatu penyakit, demam misalnya. Jika orang dewasa melewati masa proses penyembuhan tersebut dengan biasa saja, anak anak yang masih belum dapat mengkomunikasikan keadaan tersebut secara jelas pastinya akan menjadikan dirinya menjadi lemas sehingga rewel, mudah menangis, dan sering mengeluh. Ketika anak anak mengalami kondisi tersebut maka orang tua maupun ibu dapat mengajaknya bermain bersama atau memberikannya hadiah maupun makanan favorit sehingga menjadikan perasaaan anak selalu sengan serta riang. Karena punya perasaan yang senang dan riang tersebut menjadikan anak akan lebih tidak rewel setelah melewati proses penyembuhan penyakit yang dialaminya.

  • Pastikan anak cukup minum

Saat sang buah hati sakit seperti demam, anak akan lebih mudah mengalami dehidrasi dibandingkan orang dewasa. Seperti yang kita ketahui, bahwa sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Oleh sebab itulah air juga merupakan salah satu obat terbaik untuk mengembalikan kebugaran tubuh anak. Terlihat seperti cairan biasa, namun air putih sangat bermanfaat untuk membantu mengaktifkan kembali sistem tubuh yang sempat melemah saat sakit. Selain itu, dehidrasi juga merupakan salah satu keluhan yang paling sering menyebabkan badan lemas terutama bagi anak. Oleh karena itu, jaga selalu tubuh anak Anda agar tetap terhidrasi dengan baik.

  • Respon sikap manja yang ditunjukkan oleh anak

Ketika mengalami suatu penyakit biasanya anak akan merasakan tubuh yang tidak enak seperti ada rasa nyeri yang dirasakannya atau gejala lain tergantung penyakit tertentu. Karena kondisi tersebut, anak biasanya akan bersikap lebih manja pada orang tua sehingga menjadi rewel ketika sikap manja yang ditunjukan anak tersebut tidak mendapatkan perhatikan yang lebih dari orang tuannya. Kondisi ini biasanya masih terbawa meskipun penyakit pada tubuh anak sudah dapat disembuhkan sehingga menjadi salah satu penyebab anak rewel setelah sembuh dari sakit. Agar kondisi anak tidak menjadi rewel ketika sakit maupun setelah sembuh maka orang tua harus merespon sikap manja yang ditunjukkan oleh anak tersebut. Respon orang tua untuk menangapi anak yang manja ketika sakit cukup dengan memberikan perhatian yang lebih dan tidak memarahi anak serta meluangkan waktu yang lebih lama bersama dengan anak. Dengan begitu anak akan merasa selalu ada orang tua bersamanya saat melewati masa masa sakit tersebut.

  • Konsumsi makanan sehat

Pada masa pemulihan, tubuh membutuhkan banyak asupan karbohidrat, protein, lemak, zat besi, dan vitamin. Beberapa jenis makanan yang baik untuk membantu pemulihan Si Kecil dari sakit adalah telur, daging, ikan, kacang-kacangan, serta buah dan sayuran, seperti lemon, wortel, dan alpukat.

  • Jaga pola tidur anak

Untuk Memulihkan stamina anak setelah sakit, biarkan anak untuk beristirahat, waktu tidur yang dibutuhkan anak pada dasarnya memang lebih banyak dibandingkan orang dewasa, yakni 9 hingga 11 jam. Ketika sedang sakit atau baru sembuh dari sakit, waktu tidur yang dibutuhkan anak menjadi lebih lama lagi. Oleh karena itu, pastikan Si Kecil tidur lebih lama dan lebih sering selama masa pemulihan. Biarkan Si Kecil tidur ketika ia merasa lemas atau mengantuk. Rapikan dan bersihkan ranjangnya agar ia dapat tidur dengan nyaman dan lelap. Bila perlu, bacakan cerita atau putarkan musik yang menenangkan sebagai pengantar tidur.

Itulah beberapa tips mengatasi anak lemas sembuh dari sakit yang harus diketahui oleh orang tua terutama ibu sehingga dapat memberikan perawatan yang benar paska penyembuhan dari penyakit tersebut. Peran orang tua dalam masa pemulihan anak setelah sakit sangatlah penting. Selain mendampingi dan merawat Si Kecil agar cepat pulih, Anda juga harus mengawasi perkembangan kondisinya. Tanyakan kepada dokter, tanda dan gejala apa saja yang perlu Anda waspadai. Segera bawa Si Kecil ke dokter anak jika gejala tersebut muncul, atau jika ia tidak kunjung pulih.

Labels: kesehatan

Thanks for reading Inilah Tips Mengatasi Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit. Please share...!

0 Komentar untuk "Inilah Tips Mengatasi Anak Lemas Setelah Sembuh dari Sakit"

Back To Top