Deretan Makanan Ini Pantang Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Anda penderita Asam Urat? Berikut deretan makanan yang pantang Anda konsumsi.

Jika Anda memiliki asam urat dan tidak ingin penyakit itu kambuh, Anda harus memperhatikan pola makan. Tentu akan sangat menyebalkan ketika asam urat kambuh, apalagi di waktu yang tidak tepat. Oleh karenanya, Anda harus tahu makanan apa saja yang pantang Anda konsumsi.

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, asam urat merupakan hasil akhir dari metabolisme purin. Jika jumlah asam urat di dalam tubuh berlebih, kelebihannya tersebut dapat menumpuk di dalam jaringan tubuh dalam bentuk kristal monosodium urat (kristal asam urat).

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa asam urat berisiko menyebabkan komplikasi penyakit lainnya, yakni penyakit ginjal. Karena itu, menjaga kadar asam urat dalam batas normal sangat dianjurkan. Salah satu cara mengontrol kadar asam urat Anda adalah melalui pengaturan makanan.

Berikut deretan makanan yang pantang dikonsumsi penderita asam urat:
  • Jeroan
Di Indonesia, jeroan adalah salah satu makanan favorit. Jeroan, seperti hati, ginjal, dan otak memang enak saat disantap dengan soto hangat atau masakan Padang.

Hanya saja, penderita asam urat harus benar-benar menjauhi ini karena jeroan termasuk ke dalam kelompok makanan dengan purin yang tinggi, yaitu sekitar 100-1000 mg per 100 gram.
  • Ikan Sarden
Banyak ditemukan dalam bentuk kalengan. Tapi, ikan sarden ternyata salah satu jenis makanan dengan puri tinggi.
  • Kerang
Kerang adalah salah satu makanan yang masuk ke dalam kategori makanan berpurin tinggi. Untuk Anda pencinta kerang, harus lebih waspada karena kandungannya sekitar 136 mg per gram.
  • Daging merah
Jika menderita asam urat, daging merah salah satu daftar yang benar-benar harus dihindari. Tentu berat, karena olahan daging merah sangat enak.

Ini karena daging merah memiliki kandungan purin sedang (9-100 mg per 100 gram). Konsumsinya lebih baik dibatasi dengan jumlah maksimal 50-75 gram (1-1,5 potong) daging.
  • Udang
Setipe dengan udang, jenis makanan laut ini memang punya purin tinggi. Jangan terlalu berlebihan karena kandungan purin dalam udang mencapai 234 mg per 100 gram.

Deretan makanan di atas lebih baik dihindari. Jika tidak bisa, lebih baik batasi konsumsinya. Selain itu, masih ada sebenarnya makanan enak lainnya yang bisa disantap penderita asam urat dengan kadar puring rendah, yakni ubi, singkong, jagung, susu, dan buah-buahan.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 5/03/2019

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Deretan Makanan Ini Pantang Dikonsumsi Penderita Asam Urat yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top