-->
Motivasi Menulis

MAKNA DAN FUNGSI KONSELING DI SEKOLAH

MAKNA DAN FUNGSI KONSELING DI SEKOLAH - Kebutuhan layanan konseling di MI/SD muncul dari karekteristik maslah-masalah perkembangan murid. Pendekatan perkembangan dalam bimbingan konseling merupakan pendekatan yang tepat merupakan di MI/SD karena pendekatan ini lebih berorientasi kepada pengembangan ekologi perkembangan murid.

Konseling di Sekolah

 Menurut Thantawi 1995:25 yang menjabarkan bahwa bimbingan adalah :


  • Suatu proses hubunga pribadi yang bersifat dinamis yang dimaksud untuk dipengaruhi sikap dan prilaku seseorang.
  • Suatu bentuk bantuan yang sistematis (selain mengajar) terkadang murid atau  orang lain yang menolong, menilai kemampuan dan kecenderungan mereka dan menggunakan informasi itu secara efektif dalam kehidupan sehari-hari.
  • Perbuatan atau teknik yang dilakukan untuk menuntun murid terhadap suatu tujuan yang diinginkan dengan menciptakan suatu kondisi lingkungan yang membuat dirinya sadar tentang kebutuhan dasar, mengenal kebutuhan itu,dan mengambil langkah- langkah untuk memuaskan dirinya.



Kebutuhan akan layanan bimbingan dan konseling dalam pendidikan berkaitan erat dengan hakikat makna dan fungsi pendidikan dalam keseluruhan aspek pendidikan. Selain itu kebutuhan layanan pendidikan juga berkaitan erat dengan pandangan akan hakikat dan karakteristik  peserta didik. Hadirnya layanan bimbingan dan konseling dalam pendidikan adalah apabila kita memandang bahawa pendidikan merupakan upaya untuk mencapai perwujudan manusia secara keseluruhan. 
Pendidikan pada hakikatnya merupakan usaha sadar untuk mengembangakan kepribadian yang berlangsung hidup baik di sekolah maupun madrasah. Pendidikan juga bermakna proses membantu individu baik jasmani dan rohani kearah terbentuknya kepribadian yang utama (berkualitas). Makna dari pernyataan di atas adalah bahawa inti tujuan pendidikan adalah terwujudnya kepribadian yang optimal dari setiap peserta didik. Tujuan ini pulalah yang ingin dicapai oleh layanan bimbingan dan konseling. Untuk mencapai tujuan tersebut, setiap kegiatan pendidikan hendaknya diarahkan untuk tercapainya pribadi-pribadi  yang berkembang optimal sesuai potensi dan karakterististiknya masing-masing.

Labels: pendidikan

Thanks for reading MAKNA DAN FUNGSI KONSELING DI SEKOLAH. Please share...!

1 komentar on MAKNA DAN FUNGSI KONSELING DI SEKOLAH

  1. Tulisan tentang konseling informatif. Ngomong-ngomong soal konseling, di Universitas Gunadarma juga ada jurusan psikologi yang bisa buat kita paham bagaimana menjadi konseling yang baik

    BalasHapus

Back To Top