-->
Motivasi Menulis

Sistem Periodik Mendeleyev

Sistem Periodik Mendeleyev - Sesuai kegemarannya bermain kartu, Dimitri Mendeleyev (1869) mengumpulkan informasi sebanyakbanyaknya tentang unsur, kemudian ia menulis pada kartukartu. Kartu-kartu unsur tersebut disusun berdasarkan kenaikan massa atom dan kemiripan sifat. Kartu-kartu unsur yang sifatnya mirip terletak pada kolom yang sama yang kemudian disebut golongan. Sedangkan pengulangan sifat menghasilkan baris yang disebut periode. Mendeleyev menempatkan unsur-unsur periode 5 berdampingan dengan unsur-unsur dalam periode 4

Sistem Periodik Mendeleyev
Kelebihan Sistem Periodik Mendeleyev:
  • Dapat meramalkan tempat kosong untuk unsur yang belum ditemukan (diberi tanda ?).

Contoh:
Unsur Eka-silikon (Germanium-Ge) berada di antara Si dan Sn.
  • Menyajikan data massa atom yang lebih akurat, seperti Be dan U.


  • Periode 4 dan 5 mirip dengan Sistem Periodik Modern. Contoh: K dan Cu sama-sama berada di periode 4 golongan I. Dalam Sistem Periodik Modern K digolongan IA dan Cu di golongan IB.

  • Penempatan gas mulia yang baru ditemukan tahun 1890–1900 tidak menyebabkan perubahan susunan Sistem Periodik Mendeleyev.


Kelemahan Sistem Periodik Mendeleyev:
Adanya penempatan unsur yang tidak sesuai dengan kenaikkan massa atom. Contoh: 127I dan 128Te. Karena sifatnya, Mendeleyev terpaksa menempatkan Te lebih dulu daripada I. Dalam Sistem Periodik Modern yang berdasarkan kenaikkan nomor atom Te (Z = 52) lebih dulu dari I (Z = 53).
Labels: kimia

Thanks for reading Sistem Periodik Mendeleyev. Please share...!

0 Komentar untuk "Sistem Periodik Mendeleyev"

Back To Top