Motivasi Menulis

Definisi Orangtua Berkebutuhan Khusus

Definisi Orangtua Berkebutuhan Khusus - Orang tua adalah komponen keluarga yang terdiri dari ayah dan ibu, dan merupakan hasil dari sebuah ikatan perkawinan yang sah yang dapat membentuk sebuah keluarga. Orang tua memiliki tanggung jawab untuk mendidik, mengasuh, dan membimbing anak-anaknya untuk mencapai tahapan tertentu yang menghantarkan anak untuk siap dalam kehidupan bermasyarakat. Sewaktu individu mampu berperan sebagai ayah dan ibu atau orang yang terlibat langsung dan intensif dalam mendidik anak sejak dini, maka disebut dengan orangtua.

Definisi Orangtua Berkebutuhan Khusus


Adapun yang dimaksud dengan orangtua berkebutuhan khusus adalah individu yang mampu menjalankan tanggung jawab sebagai orangtua sekalipun memiliki kesulitan khusus jika dibandingkan dengan kondisi rata-rata individu normal umumnya, baik dari segi fisik, emntal, sosial. Sebagian besar orangtua berkebutuhan khusus telah mengikuti layanan pendiidikan khusus sesuai dengan karakteristiknya atau belajar mengembangkan potensinya secara otodidak, sehingga mampu menjalankan tugasnya sebagai orangtua bagi anak-anaknya. 

Namun, karena adanya keterbatasan yang dimiliki oleh para orangtua, maka orangtua membutuhkan bantuan dari orang lain yang mampu dan mau membantu memberikan pendidikan kepada anak-anak mereka yaitu pihak sekolah terutama guru. Jadi, anak berkebutuhan khusus bisa hidup mandiri karena hasil kombinasi dari peran orangtua di rumah dan juga guru di sekolah yang memberikan berbagai ilmu pengetahuan serta keterampilan.

Meskipun demikian, bukan berarti bantuan pendidikan yang diberikan dari pihak sekolah kepada anak berkebutuhan khusus menjadi tanggungjawab sepenuhnya bagi para guru, sebab kewajiban sekolah atau guru hanyalah membantu orangtua dalam mendidik anak. Yang memiliki peran penting dalam melaksanakan pendidikan kepada sang anak tetapkah orangtua


Labels: Ilmu Pendidikan Islam, Psikologi Pendidikan

Thanks for reading Definisi Orangtua Berkebutuhan Khusus. Please share...!

1 komentar on Definisi Orangtua Berkebutuhan Khusus

  1. Assalamualaikum, semalat sore saya ingin bertanya untuk definisi orang tua ABK berdasarkan sumber siapa yah ? karena saya ada penulisan yang berkaitan dengan definisi orang tua ABK, terimakasih

    BalasHapus

Back To Top