Pengertian Asteroid

Pengertian Asteroid - Empat planet yang terdekat dengan matahari yaitu merkurius, venus, bumi dan mars disebut planet dalam, sedangkan planet sisanya yaitu jupiter, saturnus, uranus, neptunus. Antara planet dalam dan planet luar atau antara orbit mars dan jupiter terdapat sabuk (belt) asteroid yaitu ribuan planet kecil dan pecahan-pecahan yang asalnya masih diperdebatkan. Asteroid kadang-kadang disebut planetoid.


Asteroid pertama ditemukan pada hari pertama abad 19 ( 1 Januari 1801) oleh Piazzi dan diberi nama Ceres, kemudian berturut-turut ditemukan asteroid-asteroid yang lain seperti Pallas apada tahun 1802, Juno pada tahun 1804, dan Vesta pada tahun 1807. Pada saat sekarang, ribuan asteroid telah direkam dan ribuan orbit asteroid telah ditentukan. Kebanyakan orbit asteroid terletak di antara orbit mars dan jupiter. Sekitar 90% - astronomi dan secara rata-rata jarak asteroid ke matahari antara 2,3 dan 3,3 satuan astronomi dan secara rata-rata jarak asteroid ke matahari adalah 2,8 satuan astronomi yang sesuai dengan Hukum Bode.

Beberapa asteroid mempunyai orbit kecil seperti Adonis, Apollo, dan Hermes. Tetapi Hidalgo adalah salah satu asteroid yang mempunyai orbit yang paling besar.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 3/08/2015

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Asteroid yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top