Motivasi Menulis

Pola Dasar Pendidikan Islam

Pola Dasar Pendidikan Islam - Pendidikan Islam yang dilaksanakan dalam suatu sistem memberikan kemungkinan berprosesnya bagian-bagian menuju ke arah tujuan yang ditetapkan sesuai ajaran Islam.

Jalannya proses itu baru bersifat konsisten dan konstan (tetap) bila dilandasi pola dasar pendidikan yang mampu menjamin terwujudnya tujuan pendidikan islam.

Pendidikan Islam

Dengan demikian suatu sistem pendidikan islam harus berkembang dari pola yang membentuknya menjadi pendidikan yang bercorak dan berwatak Islam. Sifat konsisiten dan konstan dari proses pendidikan tersebut tidak akan keluar dari pola dasarnya sehingga hasilnya juga sama dengan pola dasar tersebut.

Berdasarkan pendekatan filosofis, Ilmu Pendidikan Islam dapat diartikan sebagai studi tentang proses pendidikan yang didasari dengan nilai-nilai ajaran Islam menurut konsepsi filosofis bersumberkan kitab suci al Qur’an dan sunnah Nabi Muhammad SAW.Dasar pendidikan Islam terutama adalah Al-Qur’an dan al-Hadist. Dalam Al-qur’an, surat Asy-Syura, ayat 52:

Artinya,

“dan demikian kami wahyukan kepadamu wahyu (al-Qur’an) dengan perintah kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah al kitab (al-Qur’an) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu,tetapi kami menjadikan Al-Qur’anitu cahayayang kami beri petunjuk dengan dia siapa yang Kami kehendaki diantara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalannya yang benar.”
Labels: Ilmu Pendidikan Islam

Thanks for reading Pola Dasar Pendidikan Islam. Please share...!

0 Komentar untuk "Pola Dasar Pendidikan Islam"

Back To Top