-->
Motivasi Menulis

Psikologi Pendidikan: Multiple Intelegince

Kecerdasan (Intelegensi) adalah kemampuan untuk melakukan abstraksi, serta berpikir logis dan cepat sehingga dapat bergerak dan menyesuaikan diri terhadap situasi  baru. Kecerdasan (Intelegensia) secara umum dipahami pada dua tingkat yakni : Kecerdasan sebagai suatu kemampuan untuk memahami informasi yang membentuk pengetahuan dan kesadaran. Kecerdasan sebagai kemampuan untuk memproses informasi sehingga masalah-masalah yang kita hadapi dapat dipecahkan (problem solved)  dan dengan demikian pengetahuan pun bertambah. Jadi mudah dipahami bhwa kecerdasan adalah pemandu  bagi kita untuk mencapai sasaran-sasaran kita secara efektif dan efesien. Dengan kata lain, orang yang lebih cerdas, akan mampu memilih strategi pencapain sasaran yang lebih baik dari orang yang kurang cerdas. Artinya orang yang cerdas mestinya lebih  sukses dari orang yang kurang cerdas. Yang sering membingungkan ialah kenyataan adanya orang yang kelihatan tidak cerdas (sedikitnya disekolah) kemudian tampil sukses, bahkan lebih sukses dari rekan-rekannya yang lebih cerdas, dan sebaliknya.
Prof. Howard Gardner adalah orang yang pertama kali mengemukakan mengenai teori Multiple Intelligence, mendefenisikan kecerdasan sebagai:
1.      Kemampuan memecahkan masalah yang muncul dalam kehidupan nyata
2.      Kemampuan melahirkan masalah baru untuk dipecahkan
3.      Kemampuan menyiapkan atau menawarkan suatu layanan yang bermakna dalam kehidupan kultur tertentu.
Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan adalah kemampuan-kemampuan yang dimilki seseorang. Kemampuan-kemampuan yang dimilki sesorang tidak akan semuanya sama dengan kemampuan-kemampuan yang dimiliki orang lain, karena kemampuan banyak jenisnya (beranekaragam), dan keanekaragaman dari kemampuan-kemampuan itu disebut dengan kecerdasan majemuk atau lebih dikenal dengan Multiple Intelligence.
Labels: pendidikan, Psikologi Pendidikan

Thanks for reading Psikologi Pendidikan: Multiple Intelegince. Please share...!

0 Komentar untuk "Psikologi Pendidikan: Multiple Intelegince"

Back To Top