Proses Metabolisme pada Tumbuhan

         Fotosintesis adalah proses sintesis karbohidrat menggunakan energi matahari yang ditangkap melalui reaksi kompleks dan melibatkan banyak molekul mikro dan makro. Proses ini merupakan cara tumbuhan mensintesis makanan.
                                       cahaya matahari
                        H2O  + CO                (CH2O )n    +  O2



Selain karbohidrat proses ini juga menghasilkan oksigen sehingga tercapai keseimbangan oksigen di alam.
             Blackman (1905) menunjukkan bahwa fotosintesis terjadi melalui 2 tahap, yakni reaksi terang dan reaksi gelap. Reaksi terang adalah proses perubahan  energi cahaya menjadi energi kimia. Biasanya dalam bentuk ATP dan NADPH. Pada reaksi gelap prosesnya tidak langsung menggunakan cahaya matahari. Reaksi ini merupakan  penggabungan  CO2 dengan senyawa karbon tereduksi hasil metabolisme karbohidrat secara enzimatik. Atau merupakan reaksi pembentukan karbohidrat (monosakarida) melalui reduksi CO2 dengan menggunakan ATP dan NADPH yang diperoleh pada reaksi terang.
            Dikenal ada 3 jalur penambatan CO2 yaitu : daur Calvin-Bassham (siklus C3), daur Hatch-Slack (atau siklus C4) dan jalur asam Crussullaceae (CAM). Calvin-Bassham dan Hatch-Slack  adalah empat orang pertama yang menemukan reaksi sintesis glukosa pada beberapa golongan tumbuhan.  C3 menunjukkan golongan senyawa berkarbon tiga (3-fosfogliserat) yang terbentuk seperti pada buah-buahan, sayur-sayuran, padi-padian dan kacang-kacangan. Sedang C4 menunjukkan golongan senyawa berkarbon empat (oksaloasetat) yang terbentuk pada tumbuhan tropik, dan tumbuhan asli daerah sedang seperti jagung, tebu, dan sorgum.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 12/23/2012

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Proses Metabolisme pada Tumbuhan yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top