Pengertian Jaringan Parenkim dan sifatnya


Parenkim merupakan jaringan heterogen, karena telah terjadi asosiasi antara sel-sel parenkim dengan sel-sel dari tipe lain. Jaringan Parenkim terdiri atas kelompok sel hidup yang bentuk, ukuran, maupun fungsinya berbeda-beda. Sel-sel parenkim mampu mempertahankan kemampuannya untuk membelah  meskipun telah dewasa sehingga berperan penting dalam proses regenerasi. Sel-sel parenkim yang telah dewasa dapat bersifat meristematik bila lingkungannya memungkinkan. Jaringan parenkim terutama terdapat pada bagian kulit batang dan akar, mesofil daun, daging buah, dan endosperma biji. Sel-sel parenkim juga tersebar pada jaringan lain, seperti pada parenkim  xilem, parenkim floem  dan jari-jari empulur.
Jaringan Parenkim

Parenkim  merupakan tempat utama berlangungnya aktifitas tumbuhan yang penting, misal : fotosintesis, respirasi, penimbunan zat-zat cadangan makanan, sekresi. Sel parenkim yang terdapat pada jaringan xilem dan floem memegang peranan penting pada gerak/transport bahan makanan pada buluh tapis.

Sifat-sifat jaringan parenkim
Menurut para ahli Sifat-sifat yang dimiliki jaringan-jaringan parenkim antara lain :
1.    dinding selnya tipis, dalam hal ini berlangsungnya penebalan-penebalan pun (apabila terjadi) akan tipis pula, penebalan ini biasanya terdiri dari selulosa yang keadaanya masih lentur dan dapat di katakan bahwa dinding selnya itu jarang sekali megandung berupa nokta  lignin, kecuali pada organ yang telah tua. 
2.    dinding sel nya yang telah menebal biasanya mempunyai noktah-noktah yang dapat menjamin lancarnya pertukaran zat-zat yang diperlukan tumbuhan berupa noktah biasa 
3.    sel-sel parenkhim merupakan sel-sel yang masih mempunyai kegiatan atau masih hidup, yang di bagian tengah ruangan selnya terdapat sentra vakuola yang besar, yang biasanya penuh terisi zat- zat makanan cadangan. 
4.    plastida-plastida berupa leukoplas ataupun kloroplas berada dalam protoplasnya, dalam kloroplas ini terdapat butir-butir tepung, dapat pula berupa khromoplas. 
5.    terdapat intercellular yang melakukan peranan bagi pertukaran atau peredaran gas-gas. 
6.    Tentang bentuk selnya kebanyakan sel parenkim umumnya adalah segi banyak, yang diameternya bervariasi.
Ciri utama sel parenkim adalah memiliki dinding sel yang tipis, serta lentur. Beberapa sel parenkim mengalami penebalan, seperti pada parenkim xilem. Sel parenkim berbentuk kubus atau memanjang dan mengandung vakuola sentral yang besar.
   Ciri khas lain parenkim adalah sel-selnya banyak memiliki ruang antarsel karena bentuk selnya membulat. Parenkim yang mempunyai ruang antarsel adalah daun. Ruang antarsel ini berfungsi sebagai sarana pertukaran gas antar klorenkim dengan udara luar. Sel parenkim memiliki banyak fungsi, yaitu untuk berlangsungnya proses fotosintesis, penyimpanan makanan dan fungsi metabolisme lain.
 

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 12/02/2012

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Jaringan Parenkim dan sifatnya yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top