Motivasi Menulis

Pengertian Karbohidrat dalam Biokimia

Karbohidrat ('hidrat dari karbon', hidrat arang) atau sakarida (dari bahasa Yunani σάκχαρον, sákcharon, berarti "gula") adalah segolongan besar senyawa organik yang paling melimpah di bumi.Karbohidrat memiliki berbagai fungsi dalam tubuh makhluk hidup, terutama sebagai bahan bakar (misalnya glukosa), cadangan makanan (misalnya pati pada tumbuhan dan glikogen pada hewan), dan materi pembangun (misalnya selulosa pada tumbuhan, kitin pada hewan dan jamur).



Karbohidrat tersebar luas di dalam tumbuhan dan hewan.Dalam tumbuhan, glukosa disintesis dan kabondioksida serta air melalui fotosintesis atau disimpan sebagai pati atau diubah menjadi selulosa yang merupakan kerangka tumbuhan.Hewan dapat mensintesis sebagian karbohidrat dari lemak dan protein, tetapi jumlah terbesar karbohidrat dalam jaringan tubuh hewan berasal dari tumbuhan.   

     Defenisi Karbohidrat

Secara biokimia, karbohidrat didefenisikan sebegai berikut:
1.      Turunan aldehida atau keton dari alcohol polihidroksil atau zat-zat yang pada hidrolisis menghasilkan derivate-derivat tersebut.
2.      Polihidroksi aldehida atau polihidroksi keton yang mempunyai rumus molekul umum (CH2O)n. Dari rumus ini dapat diketahui bahwa karbihidrat adalah seuatu polimer. Senyawa yang menyusunnya adalah monomer-monomer.
3.      Senyawa karbonil alami dengan beberapa gugus hidroksi.
4.      Merupakan zat padat berwarna putih yang sukar larut dalam pelarut organic, tetapi larut dalam air (kecuali beberapa polisakarida)
Sebagian besar karbohidrat dengan berat molekul yang rendah, manis rasanya. Oleh karena itu digunakan istilah “gula” untuk zat-zat yang tergolong karbohidrat.
Labels: Biokimia, Biologi, pendidikan

Thanks for reading Pengertian Karbohidrat dalam Biokimia. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Karbohidrat dalam Biokimia"

Back To Top