Macam dan Bagian-bagian Mikroskop

Mikroskop pada prinsipnya adalah alat pembesar yang terdiri dari dua lensa cembung yaitu sebagai lensa objektif (dekat dengan mata) dan lensa okuler (dekat dengan benda).
Macam-macam mikroskop, yaitu :

- Mikroskop cahaya merupakan mikroskop yang mempunyai bagian-bagian yang terdiri dari alat-alat yang bersifat optik, berguna untuk mengamati benda-benda atau preparat yang transparan. Suatu variasi dari mikroskop cahaya biasa ialah mikroskop ultraviolet tidak dapt dilihat oleh mata manusia maka bayangan benda harus direkam pada piringan peka cahaya. Mikroskop ini menggunakan lensa kuarsa.

- Mikroskop pendarflour, mikroskop ini dapat dapat digunakan untuk mendeteksi benda-benda asing atau antigen dalam jaringan.

- Mikroskop medan gelap, mikroskop ini digunakan untuk mengamati bakteri hidup, khususnya bakteri yang begitu tipis yang hampiri mendekati batas daya pisah mikroskop majemuk.

- Mikroskop fasekontras, mikroskop ini digunakan untuk mengamati benda dalam keadaan alamnya, tanpa menggunakan bahan pewarna. Pada bawah meja objeknya dan pada lensa objektifnya terpasang perlengkapan fase kontras.

- Mikroskop electron, banyak komponen sel seperti mikondria, ribosom dan reticulum endoplasma yang begitu kecil tidak bisa dilihat secara detail dengan mikroskopbiasa.

- Mikroskop electron pemayaran, mikroskop ini mengunakan berkas electron, tetapi yang seharusnya ditransmisikan secara serempak keseluruh medan electron difokuskan sebagai titk yang sangat kecil dan dapat digerakkan maju mundur pada spesimennya.

bagian-bagian mikroskop


Secar garis besar mikroskop terdiri dari dua bagian, yaitu :
1. Bagian mekanik : statif, kubus, revolver, meja bneda, sekrup, pengatur kubus (kasar, makro meter dan halus ; micrometer), pengatur pentas mekanik.
2. Bagian optic : lensa okuler, lensa objektif, kondensor dan cermin pengatur cahaya.

Fungsi-fungsi bagian mikroskop :
1. Lensa okuler : memperbesar bayangan yang dibentuk oleh lensa obyektif.
2. Batang tubuh : tempat memasang lensa okuler.
3. Revolver : untuk menggerakkan lensa objektif sesuai dengan perbesaran yang dikehendaki.
4. Lensa objektif : pembentuk bayangan langsung sebagai objeknya.
5. Pengatur kasar : mengatur jarak objektif dan preparat secara kasar.
6. Pengatur halus : untuk mendapatkan focus mikroskop dengan yang sebaik-baiknya.
7. Pengatur pentas mekanik : untuk mengatur atau menggeser obyek kekanan-kekiri atau muka kebelakang.
8. Meja objek : untuk meletakkan preparat yang akan diamati.
9. Jepitan objek : untuk memegang preparat agar stabil.
10. Kondensor : memusatkan cahaya yang tersedia pada specimen.
11. Diafragma : mengatur bnyaknya cahaya yang masuk.
12. Cermin : memantulkan cahaya yang dibutuhkan untuk penyinaran objek.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 10/13/2012

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Macam dan Bagian-bagian Mikroskop yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top