Pengertian Ilmu Pendidikan Islam

Islam adalah agama yang diturunkan Allah kepada seluruh umat manusia melalui Rasul-Nya, Muhammad saw. Agama bukanlah pengetahuan, melainkan pemberitahuan dari Allah yang disebut wahyu. Agama, dengan demikian, merupakan sumber pengetahuan; dan pengetahuan yang bersumber padanya disebut pengetahuan keagamaan sering disebut teologi.

Pengetahuan keagamaan berbeda dari pengetahuan ilmiah (ilmu) dan pengetahuan filosofis (filsafat). Namun, masing-masing bisa saling memandang dan telah melahirkan disiplin-disiplin. "filsafat ilmu" dan "filsafat agama" sebagai hasil karya filosof dan memfilsafati ilmu dan agama. Ilmu Pendidikan Islam Bukanlah hasil saling-pandang tersebut, bukan perspeksi ilmu ilmuwan terhadap agama, melainkan pemanfaatan ilmu untuk agama. Jadi, yang dimaksud dengan ilmu pendidikan Islam adalah ilmu ilmu tentang mendidik agar manusia beragama islam. Ilmu adalah alat usaha yang disebut pendidikan; dan pendidikan adalah alat untuk mencapai tujuan, yaitu beragama islam. 

Islam menerima ilmu dari manapun. Ajaran-ajaran Islam banyak menerangkan prinsip ini, Di antaranya ialah apa yang populer sebagai hadis Nabi SAW yang artinya :

" Tuntutlah ilmu walaupun di negeri Cina, " (H.R. Ibnu ' Addi dan al-Baihaqi)

Para ahli hadis barangkali kan mempersoalkan kualitas kesahihan hadis tersebut. Namun, hendaknya hal itu tidak menjadi penghalang untuk menerima ilmu dari manapun, termasuk dari Cina.

Allah menciptakan alam semesta, manusia dan alam sekitarnya lengkap dengan hukum-hukumnya yang disebut sunnatullah. Pernyataan Al-Quran dan sunnah Rasulullah saw. Mengisyaratkan sebagiannya dan lebih banyak memberi dorongan kepada manusia untuk mencarinya, baik dengan melakukan perjalanan di muka bumi maupun berpikir tentang alam sekitar dan dari diri manusia itu sendiri., sehingga diperoleh ilmu dan pelajaran yang menginsyafkannya akan keesaan dan kekuasaan Tuhan. Allah dan Rasul-Nya tidak mungkin berbohong dengan segala pernyataannya. Sementara itu, ilmu sebgaimana setiap pengetahuan lainnya mempunyai tiga dasar yaitu ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Pada dasar epistomologis, ilmu berusaha mengungkapkan fakta sebagaimana adanya. Dengan demikaian, ilmu yang benar, yang mampu mengungkapkan fakta sebagaimana adanya, tidak mungkin bertentangan dengan Al-Quran dan Sunnah; tidak mungkin ada pertentangan anatara pernyataan dan kenyataan. 
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 9/21/2012

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Ilmu Pendidikan Islam yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

1 komentar:

Poskan Komentar

Back to top