Klasifikasi Meristem

Klasifikasi meristem dibuat berdasarkan beberapa ciri, yakni menurut tempatnya dalam tubuh tumbuhan, asalnya, jaringan yang dihasilkannya, strukturnya, stadium perkembangannya, dan fungsinya.


Menurut tempatnya tumbuhan dikenal :
a. meristem apikal yang terdapat pada ujung batang dan ujung akar;
b. meristem interkalar, yang terdapat di anatara jaringan dewasa seperti misalnya di pangkal ruas, batang rumput-rumputan;
c. meristem lateral, yang terdapat sejajar dengan keliling organ tempat jaringan ini ditemukan, misalnya kambium pembuluh dan kambium gabus.

jaringan meristem


Menurut asalnya, dibedakan meristem primer dan meristem sekunder. Meristem primer adalah meristem yang berkembang langsung dari sel embrionik dan sebab itu merupakan kesinambungan kegiatan embrio di tempat itu. Meristem sekunder adalah meristem yang berkembang dari jaringan yang telah mengalami diferensiasi. Namun, pembagian menurut asal tidak terlalu tepat. Mersitem apeks dari organ tumbuhan seperti akar adventif dapat berkembang dari jaringan yang telah dewasa sehingga seharusnya diklarisifikasikan ke dalam meristem sekunder, meskipun menurut struktur dan fungsinya merupakan meristem primer. Contoh meristem sekunder adalah kambium gabus yang berkembang dari sel parenkim atau kolenkim yang telah mengalami diferensiasi. Sumber : (Estiti B.Hidayat)
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 9/25/2012

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Klasifikasi Meristem yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top