Pengertian dan Jenis-jenis Mikroskop

Dalam arti etimologi, Mikroskop berasal dari bahasa Yunani: Micros = kecil, dan scopein= melihat. Jadi mikroskop adalah sebuah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata kasar.
Arti terminology, mikroskop adalah alat bantu utama dalam melakukan pengamatan dan penelitian dalam bidang biologi, karena dapat diguanakan untuk mempelajari struktur dan benda-benda yang kecil.

Jenis-jenis Mikroskop

Ada dua prinsip dasar yang berbeda untuk mikroskop, yang pertama mikroskop optic dan yang kedua mikroskop electron.



1.       Miroskop Optik

Mikroskop optik lebih sering digunakan dan sudah dimiliki sebagian besar sekolah menengah. Dari mikroskop optic ini perlu dibedakan antara mikroskop biologi dan mikroskop stereo.
Mikroskop biologi digunakan untuk pengamatan benda-benda tipis dan transparan. Jika yang diamati tebal, maka harus dibuat sayatan yang tipis. Benda yang diamati biasanya diletakkan diatas objek. Mikroskop stereo digunakan untuk mengamati benda-benda baik tipis maupun tebal. Mempunyai dua buah lensa okuler.

2.       Mikroskop stereo

Mikroskop electron adalah mikroskop yang memiliki kemampuan pengamatan yang tinggi. Keunggulan ini dikarenakan memiliki panjang gelombang yang jauh lebih pendek dari foton cahaya putih. Ada dua jenis mikroskop electron yang sering digunakan yaitu TEM ( Transmission Elektron Mikroscope) yang memiliki gambaran ,mirip mikroskop cahaya, dan SEM ( Scnning electron microscope). SEM pada umumnya memiliki daya lihat lebih rendah dibandingkan TEM.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 8/13/2012

Ditulis Oleh : Budhii Yanto ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian dan Jenis-jenis Mikroskop yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top