-->
Motivasi Menulis

Persyaratan SNMPTN Undangan 2012

 Tahun ini pemerintah melalui kementrian Pendidikan Nasional kembali membuka pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan 2012 mulai 1 Februari 2012, Mekanismenya sama seperti tahun lalu.



Apa dan bagaimana sih jalur undangan itu? Yuk kita kenalan lebih lanjut. 

Jalur undangan SNMPTN dibuka sejak tahun lalu. Mekanisme ini memungkinkan siswa SMA dan yang sederajat 'melamar' ke program studi (prodi) dan perguruan tinggi negeri (PTN) idaman sejak awal. 

Yang melamar adalah kepala sekolah tempat siswa tersebut menempuh pendidikan. Satu siswa bisa mendaftar ke dua PTN, dan tiga prodi di setiap PTN.

Ingat ya, urutan prodi dan PTN yang kamu pilih menunjukkan prioritasmu. Jadi, pastikan kamu memilih prodi dan kampus yang memungkinkan untuk kamu tembus. 
Pertimbangkan juga faktor passing grade dan rasio antara bangku yang tersedia dengan peminat tiap jurusan. Data ini bisa kamu dapatkan di laman resmo SNMPTN. Intinya, jangan sampai kamu salah pilih. 
Sekolah yang boleh ikut dalam jalur undangan ini adalah yang sudah memiliki akreditasi A, B atau C dari BAN SM dan atau terdaftar pada database SNMPTN tahun 2011.

Persyaratan siswa pelamar, siswa SMA/SMK/MA/MAK yang sedang duduk di kelas 12 dan mengikuti Ujian Nasional (UN) pada tahun 2012.


Seleksi jalur undangan dilakukan dengan melihat nilai rapormu selama masa studi di SMA. Tidak hanya itu, nilai ujian nasional (UN) juga akan menjadi pertimbangan apakah kamu akan lolos seleksi atau tidak. Makanya, giat belajar dan konsisten meraih nilai bagus menjadi kunci keberhasilanmu lulus SNMPTN jalur undangan. 

Seperti ujian tulis, pendaftaran jalur undangan juga dilakukan secara online pada 1 Februari-8 Maret 2012, dengan biaya Rp175 ribu. Pendaftaran ini dibuka serentak pada seluruh kampus negeri di Tanah Air. 

Pada proses seleksi, panitia SNMPTN akan mengurutkan nilai para pelamar dan mencocokkannya dengan syarat nilai minimal prodi yang dilamarnya.

Seleksi administrasi akan dilaksanakan pada 9 Maret-15 Mei, sedangkan penentuan siswa yang akan diterima pada 23 - 24 Mei. Sementara pengumuman seleksi pada 25 Mei. 

Ingat ya, pendaftaran online ini hanya dibuka sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Jadi, pendaftaran yang telah lewat dari jadwal tidak akan dilayani. Supaya enggak ketinggalan informasi, rajin-rajin deh ngecek laman resmi jalur undangan SNMPTN, http://undangan.snmptn.ac.id, website resmi kampus tujuanmu, atau pengumuman di sekolahmu.

Jadi jangan-jangan sia-saiakan kesempatan ini dek, Saya juga termasuk salah satu pendaftar jalur SNMPTN Undangan. Namun sayangnya tidak lulus,hehe tapi Alhamdulillah lulus di SNMPTN Tulis.Seperti pengalaman tahun lalu, masih banyak sekolah-sekolah yang cuek-cuek, jadi disini diperlukan keaktifan para adek-adek untuk menanyakan perihal jalur ini kepada sekolahnya. Semoga Berhasil !
Labels: berita, info, pendidikan

Thanks for reading Persyaratan SNMPTN Undangan 2012. Please share...!

0 Komentar untuk "Persyaratan SNMPTN Undangan 2012"

Back To Top