-->
Motivasi Menulis

Inilah Cara Memotong Rambut Sendiri Anti Gagal

Gara-gara pandemi, banyak dari kita yang memilih untuk melakukan berbagai hal secara mandiri. Sebisa mungkin interaksi dengan orang luar dibatasi. Bahkan, kalu bisa melakukannya hanya dengan sendiri atau keluarga di rumah, mengapa tidak? Salah satu yang bisa dilakukan di rumah selama pandemi adalah memotong rambut sendiri.

Tren potong rambut sendiri sudah mulai banyak dilakukan oleh orang-orang. Selain untuk menghindari kontak dengan orang asing, dengan memotong rambut sendiri ternyata bisa juga jadi salah satu bentuk penghematan yang efektif. Tampak menjanjikan dan seru, tapi bagaimana caranya agar bisa potong rambut sendiri anti gagal? Inilah beberapa cara yang perlu kamu lakukan agar tidak gagal.

Memotong Rambut Sendiri
Cara Memotong Rambut Sendiri

Gunakan Gunting Rambut yang Tepat

Cara memotong rambut sendiri di rumah yang pertama adalah persiapkan gunting yang tepat. Gunting menjadi alat utama yang harus kamu persiapkan sebelum melakukan trim rambut. Namun, pastikan menggunakan gunting khusus rambut ya. Hindari jenis gunting lain seperti gunting kertas atau kain. Gunting tersebut tidak cukup tajam dan dapat mendorong rambut saat dipotong, sehingga menghasilkan garis-garis bengkok yang sulit diperbaiki. Selain itu, pastikan gunting yang digunakan bersih untuk menghindari kotoran menempel pada rambut.

Pakai pelindung pakaian agar tidak terkena potongan rambut

Sebelum memotong rambut, biasanya kalau di salon pakai kain pelindung pakaian agar tidak kotor terkena potongan rambut. Bagaimana kalau potong rambut sendiri di rumah? Jika di rumah tidak punya, kamu bisa pakai apapun yang dapat melindungi pakaian, misalnya kain biasa. Selain itu, koran juga dapat dipakai dengan cara melubangi bagian tengah dengan ukuran kepala kita yang tepat. Plastik besar seukuran badan kita pun bisa menjadi alternatif. Gunting bagian bawah plastik hingga tepat dengan ukuran kepala. Kemudian, gunting kedua sisi hingga sesuai ukuran lengan kita. Setelah itu, pakai.

Pilihlah potongan rambut yang diinginkan.

Mengetahui jenis model rambut yang diinginkan sebelum memulai persiapan akan membuat Anda fokus dan memperkecil kemungkinan terjadi kesalahan. Untuk mencari referensi model rambut, lihatlah foto-foto selebritas di internet, atau bolak-balik saja majalah gaya rambut (bisa dibeli di kios koran atau toko buku); lakukan eksperimen dengan rambut di depan cermin untuk melihat seperti apa penampilannya dengan panjang berbeda

Bagi Rambut Jadi Dua

Ikat rambutmu jadi dua dengan karet. Selain karet, kamu bisa menggunakan jepit rambut besar. Pastikan kedua sisi seimbang dan sama banyak dengan membelah rambut tepat di bagian tengah. Kamu juga bisa membagi rambut menjadi lebih dari dua, kalau kamu ingin tiap bagiannya tidak terlalu tebal untuk digunting.

Mulai dengan Potongan Kecil

Jika ini pengalaman pertama kamu melakukan cara memotong rambut sendiri di rumah, ada baiknya lakukan potongan kecil. Hal ini karena meminimalisirkan kesalahan potong dan menyesal. Jika memotong langsung banyak dan salah, Moms tidak akan bisa mengembalikan rambut seperti semula.

Potong tepat atas ikat rambut setiap sisi

Setelah ikatan rambut kedua sisi sudah sama panjang, potong tepat di atas ikatan rambut pada kedua sisi. Boleh dimulai dari sisi kanan atau sisi kiri lebih dulu. Usahakan gunting yang dipakai sangat tajam sehingga potongan rambut akan lebih rapi.

Potong helaian rambut yang masih belum rata

Potong rambut sendiri di rumah tidak akan sempurna sekali gunting, di salon pun juga begitu. Kamu masih harus memotong atau merapikan helaian rambut yang panjangnya belum rata. Kamu bisa menyisir rambut ke belakang lebih dulu. Lalu ambil rambut secukupnya dan sisir ke atas hingga rapi. Jepit bagian hampir ujung rambut dengan dua jari, lalu potong ujung rambut hingga rata. Lakukan pada helaian lain hingga seluruh rambut sama panjang. Jika rambut kamu sangat tebal bisa gunakan gunting tipis (biasa digunakan di salon) juga untuk merapikannya.

Sisir dan rapikan sesuai dengan yang dinginkan

Setelah panjang rambut sama rata, sisir sesuai dengan yang diinginkan. Bisa belah tengah, belah sisi kanan, atau belah sisi kiri.

Itulah sedikit tips memotong rambutmu secara mandiri di rumah. Selamat mencoba.

Labels: tips

Thanks for reading Inilah Cara Memotong Rambut Sendiri Anti Gagal. Please share...!

0 Komentar untuk "Inilah Cara Memotong Rambut Sendiri Anti Gagal"

Back To Top