-->
Motivasi Menulis

Inilah 5 Hikmah Bulan Ramadhan

Tak terasa 10 hari lagi kita memasuki bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia yaitu Bulan Ramadhan. Banyak hal positif yang bisa diperoleh dari ibadah menjalankan puasa. Walaupun dilaksanakan di tengah pandemi covid-19 tapi tidak menghalangi bagi kita menjalankan ibadah puasa Ramadhan.  Di bulan yang penuh kebaikan ini semua orang berlomba-lomba untuk mengejar pahala. Lalu, apa sajakah hikmah puasa yang harus kita maksimalkan di bulan ramadhan ini? Simak ulasannya di blog kami.

Hikmah Bulan Ramadhan (sumber: muslim.or.id)



Upaya Menggapai Derajat Takwa

Semua ibadah adalah untuk meningkatkan takwa. Dan bulan Ramadhan adalah waktu yang sangat tepat untuk menggapai derajat takwa tersebut. Hal itu sebagaimana difirmankan oleh Allah dalam surat Al-Baqoroh ayat 183:

Allah Ta’ala berfirman, 
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183).
Ayat diatas menunjukkan bahwa di antara hikmah puasa adalah agar seorang hamba dapat menggapai derajat takwa. Dan puasa adalah sebab meraih derajat yang mulia ini. Oleh karena itu sebagai muslim jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan besar di bulan Ramadhan ini.

Semangat Lebih Untuk Beribadah

Hikmah di bulan Ramadhan adalah kita akan memiliki semangat lebih untuk beribadah. Hal ini dapat dirasakan karena berbagai kegiatan di lingkungan, masjid, dan sekitar kita atau bahkan di media-media yang ada mengkondisikan itu untuk lebih banyak beribadah. Mungkin saat bulan biasa, masjid sepi dan menjadi ramai saat bulan Ramadhan. Hal ini tentunya menjadi semangat

Meninggalkan Kesenangan Dunia

Saat menjalankan ibadah puasa, seseorang akan berusaha meningkatkan takwa. Nah, caranya adalah melaksakan perintah dan menjauhi larangan. Dalam berpuasa umat Islam diminta untuk meninggalkan berbagai syahwat, makanan dan minuman. Itu semua dilakukan karena Allah. Dalam hadits qudsi, Allah Ta’ala berfirman

“Dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku”.

Ketika seseorang mampu meninggalkan kesenangan duniawi, maka dia mampu mengendalikan jiwanya. Rasa kenyang karena banyak makan dan minum, kepuasan ketika  berhubungan dengan istri, itu semua biasanya akan membuat seseorang lupa diri, kufur terhadap nikmat, dan menjadi lalai. Dengan menjalankan puasa, jiwa pun akan lebih dikendalikan.

Selain itu, saat berpuasa seseorang akan sibuk memikirkan hal-hal baik dan sibuk mengingat Allah. Apabila seseorang terlalu tersibukkan dengan kesenangan duniawi dan terbuai dengan makanan yang dia lahap, hati pun akan menjadi lalai dari memikirkan hal-hal yang baik dan lalai dari mengingat Allah.

Melatih Seseorang Lebih Bersyukur

Hikmah puasa selanjutnya yang akan kamu rasakan yaitu menjadi pribadi yang lebih bersyukur. Di bulan ramadhan kita dibolehkan untuk makan dua kali yaitu pada saat berbuka puasa dan waktu sahur. Dengan begitu, maka kamu akan lebih merasa bersyukur dengan apa yang kamu makan. Tentu pada saat puasa kamu akan lebih bersyukur dengan apa yang kamu makan ketika waktu berbuka puasa dan sahur. 

Mempererat Tali Silaturahmi

Menjalankan ibadah puasa, tentu setelah berbuka puasa kamu akan menjalankan sholat tarawih berjamaah di masjid. Maka dengan adanya kegiatan seperti itu setiap hari dan menjadikan bertemu dengan semua orang yang sholat berjamaah di masjid, maka yang awalnya tidak pernah bertemu menjadi bertemu yang biasanya tidak akrab menjadi akrab. Tidak hanya itu, kamu juga akan ada banyak kegiatan buka bersama atau bukber dan tentunya kamu akan bertemu dengan teman yang sudah lama sekali tidak bertemu. Sehingga tali silaturahmimu akan kembali terhubung. Kebiasaan ini juga akan berlanjut di bulan-bulan berikutnya selain bulan ramadhan. Dengan begitu, tali silaturahmi kamu akan tetap terjaga. 

Itulah beberapa hikmah datangnya bulan Ramadhan yang selama ini dinanti-nantikan oleh kita semua, makanya datangnya bulan Ramadhan harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Sebenarnya masih banyak lagi hikmah bulan Ramdhan yang perlu kita tahu, namun hanya 5 yang sempat dirangkum dalam blog ini.
Labels: islam

Thanks for reading Inilah 5 Hikmah Bulan Ramadhan. Please share...!

0 Komentar untuk "Inilah 5 Hikmah Bulan Ramadhan"

Back To Top