-->
Motivasi Menulis

Anda Memiliki Bayi ? Kenali Gejala Dehidrasi Ini Dengan Baik

Dehidrasi momok menakutkan bagi orang tua yang memiliki bayi. Bagaimana tidak dehidrasi merupakan salah satu penyebab kematian terbesar pada bayi. Sebenarnya dehidrasi merupakan gejala yang sangat umum terjadi pada tubuh, tidak akan berbahaya jika ditangani dengan benar dan cepat. 

Gejala Dehidrasi pada Bayi (Sumber: google.com)
Namun khusus pada bayi, Anda harus ekstra hati-hati. Karena bayi yang belum dapat berkomunikasi dengan baik, membuat sinyal yang dikirimkannya tidak terbaca. Biasanya bayi hanya akan rewel ketika mengalami dehidrasi, sehingga kadang diabaikan dan dianggap rewel biasa. Maka mengenali gejala dehidrasi pada bayi dengan baik menjadi sebuah keharusan. 
  • Rewel
Ciri pertama yang ditunjukkan oleh bayi saat mengalami dehidrasi adalah rewel. Hal ini timbul karena bayi merasa kehausan, dan mengkomunikasikannya melalui rewel. Ketika rewel pastika Anda memberikan ASI sebanyak banyaknya. Sambil mengobservasi kondisi bayi Anda secara berkala. 
  • Elastisitas kulit berkurang
Ciri lain yang menunjukkan bayi dalam keadaan dehidrasi adalah keelastisitasan kulit berkurang. Cara mengeceknya adalah dengan mencubit permukaan kulit bayi, jika kulit tidak kembali ke keadaan semula maka waspadalah segera berikan Asi sebanyak banyaknya sambil di bawa ke dokter terdekat. 
  • Air mata berkurang
Ketika bayi menangis maka ia akan mengeluarkan air mata. Perhatikan jumlah air mata yang keluar. Jika jumlahnya berkurang dari biasanya maka waspadalah. Atau pada tahapan yang lebih serius bayi akan menangis tanpa mengeluarkan air mata. 
  • Berkurangnya volume urine
Hal lain yang dapat dijadikan tanda bayi dalam keadaan dehidrasi adalah melihat jumlah urine nya. Atau lihat frekuensinya ketika buang air kecil. Jika berkurang dari biasanya maka Anda harus waspada. 

Itulah beberapa gejala dehidrasi pada bayi. Untuk mengatasinya beri asi atau air putih biasa. Anda dapat memberikan air mineral Aqua pada bayi Anda. Aqua sangat aman di konsumsi oleh anak di atas usia satu tahun. Pastikan asupan cairan tersebut masuk dan bawalah bayi Anda ke pusat kesehatan agar dapat ditangani lebih lanjut.
Labels: kesehatan

Thanks for reading Anda Memiliki Bayi ? Kenali Gejala Dehidrasi Ini Dengan Baik. Please share...!

0 Komentar untuk "Anda Memiliki Bayi ? Kenali Gejala Dehidrasi Ini Dengan Baik"

Back To Top