Pakai USB OTG Sandisk Untuk Backup Data Smartphonemu




Hallo guys. Bagaimana kabarnya? Semoga dalam keadaan sehat selalu. Pada kali ini saya akan memberikan informasi yang sangat penting, pastinya dibutuhkan oleh semua orang terutama penggiat media sosial yaitu USB OTG Sandisk. Penasaran apa itu USB OTG Sandisk yang saya pakai ini dan apa keunggulannya? Yuk dibaca sampai selesai ya teman-teman.

Sekarang teknologi semakin hari semakin canggih, pastinya para penggiat media sosial juga harus tahu dan update dalam hal tersebut dikarenakan akan menjadi kebutuhan kita untuk selalu update di media sosial setiap hari sehingga smartphone kita harus memiliki memori yang memadai untuk mengupdate story atau feed di media sosial ataupun aktivitas lainnya yang kita lakukan dari smartphone. Nah, sangat besar sekali dampak yang akan kita dapatkan jika kita tidak back up data, karena smartphone yang kita pakai setiap hari selalu menguras kapasitas dari memori internal atau memori eksternal. Maka dari itu, saya akan memberikan sedikit pengetahuan saya dan pengalaman saya dalam mengatasi masalah memori smartphone penuh dan secara cepat mem-backup data tanpa harus menggunakan laptop atau komputer.

Awal Mengenal USB OTG Sandisk

Smartphone setiap orang memiliki kapasitas memori yang berbeda-beda namun pengalaman yang pernah dirasakan ialah kepenuhan memori sehingga akses aplikasi, hanya untuk foto saja tidak bisa disebabkan memori terlalu penuh. Apalagi seorang blogger, vlogger, konten kreator bahkan penggiat sosial media selalu mempunyai masalah yang sama ialah kepenuhan memori dan memiliki rasa malas untuk memindahkan file ke laptop, apalagi jika seorang fotografer, jurnalis, penggiat sosial media seperti selebgram harus memiliki memori yang kosong dalam smartphone sehingga mampu mengupdate informasi setiap waktu.

USB OTG SANDISK
  
Begitu juga pengalaman pribadi saya, smartphone saya memori perangkat 64 GB dengan RAM 4 GB. Namun, jumlah segitu tidaklah cukup untuk mengakses media sosial, mengunduh banyak aplikasi serta melakukan banyak aktivitas lainnya di smartphone sehingga saya menambah memori eksternal (memory card), tetapi tetap selalu penuh dan pastinya saya selalu back up ke laptop menggunakan kabel data. Namun, setelah saya menikah ternyata suami saya merekomendasikan menggunakan USB OTG Sandisk.

USB OTG Sandisk di smartphone saya

Awalnya saya pikir seperti OTG biasa saja atau USB OTG Adapter, pada kenyataannya bisa memback up langsung tanpa menyambungkan plashdisk di OTG tersebut teman-teman. Wah, saya jadi makin happy banget karena menjadi salah satu solusi dalam melakukan backup memori. Karena semua fileku itu sudah terselamatkan dengan baik, Alhamdulillah banget, Padahal sudah dipikiran ingin dihapus namun masih ingin memilikinya. So, karena #DibuangSayang jadinya aku backup ke USB OTG Sandisk jika sudah penuh memori smartphone.

 Apa Itu USB OTG Sandisk ?

Oh iya, sekadar informasi untuk kamu yang belum tahu apa itu USB OTG Sandisk. Saya bahas satu persatu ya, dimulai dari USB. USB itu Universal Serial Bus yang merupakan standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer. Untuk info lengkapnya kamu bisa searching ya nanti kepanjangan jika dibahas. Saya lanjut USB OTG itu apa? Pasti yang paham teknologi bakalan tahu USB OTG itu untuk apa. Namun, untuk yang belum tahu saya  beri tahu bahwa USB OTG itu USB On The Go itu ialah kita dapat melakukan pertukaran data tanpa harus menggunakan komputer, laptop. Namun hanya dengan smartphone akan menjadi lebih mudah untuk transfer file. On The Go atau kalau diterjemahkan artinya, dimana saja. Jadi, kita dapat melakukan pertukaran atau backup bisa dimana saja dengan USB OTG yang dipasangkan ke smartphone.

USB OTG SANDISK YANG SAYA PUNYA
Sandisk Ultra Dual OTG Flash Drive M3.0 memudahkan kamu untuk mentransfer file dari Smartphone ke komputer bahkan bisa dilakukan dimana saja. Dengan konektor Micro USB di satu ujung dan konektor USB 3.0 di sisi lain, memungkinkan kamu untuk memindahkan file atau dokumen sehingga akan semakin efektif dan efisien. Daripada semua aplikasi, foto, dokumen, video dari smartphone di hapus karena memori penuh. Mending kamu backup dengan USB OTG Sandisk.

 

 

Keunggulan USB OTG Sandisk

  • Tampilan yang sangat unik, mungil
  • Mudah dibawa kemana saja, karena spacenya kecil sehingga bisa disimpan didalam dompet, tas ataupun di saku.
  • Harga terjangkau sesuai dengan budget dan keinginan kamu.
  • Menghemat waktu dalam proses transfer dan dapat mengembalikan smartphone dengan baik.
  • Langsung tersambung ke smartphone tanpa harus menggunakan komputer.
  • Memiliki kemampuan transfer USB 3.0 kecepatan tinggi dari drive ke komputer sampai 130MB (untuk kapasitas 16GB). (sumber: Yunihandono)
  • Kemampuan transfer USB 3.0 kecepatan tinggi dari drive ke komputer sampai 150MB (untuk kapasitas 32GB-128GB). (sumber: Yunihandono)
  • Dapat dibeli di store terdekat atau bisa membeli USB OTG Sandisk di online shop.


Survei Western Digital

Western Digital® menciptakan lingkungan untuk pengembangan data. Perusahaan ini mendorong inovasi yang dibutuhkan untuk membantu para pelanggan dalam menciptakan, menyimpan, mengakses dan mentransformasi data yang semakin bertambah. Dimanapun data berada, dari data center hingga sensor mobile hingga perangkat-perangkat personal, solusi-solusi terdepan industri kami memberikan kemungkinan-kemungkinan data.
Yang mana solusi-solusi data-sentris Western Digital dipasarkan dalam merek-merek G-Technology™, HGST, SanDisk®, Upthere™ dan WD®.

Ternyata Westren Digital juga telah melakukan survei. Survei tersebut dilakukan oleh DEKA yang dikomisikan oleh Western Digital Corp dengan judul Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey, ada 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka, yang berujung pada perasaaan kesal. Lebih dari 80% responden survei telah menyadari pentingnya melakukan back-up data. Namun, hanya sepertiga dari mereka yang melakukan back-up secara teratur selama sebulan sekali. Pada riset ini melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Makassar.

Seperti yang telah saya bahas diatas juga bahwa meningkatnya penggunaan smartphone, jumlah konten digital mengalami pertumbuhan pesat. Pada bulan September 2018, tingkat penetrasi smartphone di Indonesia telah mencapai 27,4%2. Angka ini setara dengan kira-kira 73 juta pengguna smartphone di Indonesia. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengguna smartphone terbanyak keenam di dunia. Oleh sebab itu, tren dalam aktivitas digital dan manajemen data masyarakat urban Indonesia menjadi menarik untuk ditelusuri lebih jauh. Berikut adalah beberapa penemuan menarik dari Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey oleh Western Digital:



• Sebanyak 97% responden mengandalkan smartphone sebagai gawai utama dalam keseharian mereka. Responden yang lebih muda cenderung lebih banyak menggunakan smartphone mereka untuk lebih banyak fungsi, mulai dari gaming, navigasi, video. streaming, atau berbelanja online. Menariknya, survey ini juga menunjukkan bahwa smartphone sudah menjadi pengganti kamera. Lebih dari 90% responden yang memiliki smartphone mengatakan bahwa mereka lebih sering menggunakan smartphone untuk mengambil gambar daripada untuk menelepon (87%) atau chatting (72%). Akibatnya, data yang ada pada smartphone hampir seluruhnya terdiri dari foto (98%) dan video (79%).
• Umumnya, masyarakat Indonesia menggunakan smartphone dengan memori internal 16-32 GB (56% responden). Namun, tentu kapasitas ini tidak akan cukup untuk menampungsimpanan foto dan video yang terus bertambah di smartphone. Survei membuktikan bahwa lebih dari setengah responden mengatakan bahwa mereka hanya memiliki sisa memori 1-3 GB di smartphone mereka. Kapasitas terbatas ini menyebabkan para responden terpaksa menghapus data untuk mengosongkan kapasitas penyimpanan dan hampir semua responden yang mengalami masalah ini mengaku merasa kesal saat ponsel mereka kehabisan kapasitas memori.
• Ada banyak faktor yang menyebabkan para pengguna smartphone kehilangan data mereka. Beberapa di antaranya adalah memori yang penuh sehingga mereka harus menghapus data, perangkat yang rusak, virus, file yang rusak, atau kehilangan perangkat. Walaupun sebanyak 67% responden pernah mengalami kasus kehilangan data sebelumnya, hanya sepertiga dari mereka yang rutin melakukan pencadangan atau back up data sebulan sekali (atau lebih). Ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden belum memiliki rencana atau jadwal back-up yang teratur, padahal back-up merupakan hal yang vital untuk dilakukan di era serba digital ini.
Nah, untuk membantu pengguna mengelola dan mem-backup data dengan mudah dan cepat, Western Digital menawarkan solusi lengkap mobile storage dengan brand SanDisk, yaitu SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives.

Jadi teman-teman, Mulai sekarang pada miliki USB OTG Sandisk , kamu bisa backup data kamu dan membuat smartphone kamu jadi lebih baik lagi daripada masih mikir file kamu ingin dibuang (hapus) atau tidak. Jika #DibuangSayang maka miliki USB OTG Sandisk #SanDiskAPAC sekarang juga. Ayo, Selamatkan smartphone kamu dari kepenuhan memori.


Tulisan ini didedikasikan untuk mengikuti Sandisk Blogging Competition. Oh iya teman-teman ayo ikutan lomba blogging mengenai Sandisk juga yuk. 
#DibuangSayang
#SanDiskAPAC









Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 9/29/2019

Ditulis Oleh : Siti Rogayah Blogger ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pakai USB OTG Sandisk Untuk Backup Data Smartphonemu yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

4 komentar:

  1. Wajib punya nih, USB OTG SanDisk ukurannya kecil bisa dibawa kemana-mana dan bisa backup kapan pun dan dimana pun. Praktis, thanks ya sudah sharing

    BalasHapus
  2. Memang terbantu sekali adanya usb otg sandisk. Setiap memori penuh bisa di backup ke usb otg sandisk kapan saja dan dimana saja.

    BalasHapus
  3. SanDisk pilihan para traveler juga sih
    kalo lagi d tengah jalan abis memorinya gawat hahahaa

    BalasHapus
  4. Lebih mudah kalau mau backup data smartphone dg USB OTG SanDisk, karena bisa backup kapanpun dan prosesnya cepet pulak hehehee

    BalasHapus

Back to top