Jumlah Nabi dan Rasul

Jumlah Nabi dan Rasul - Allah Swt dan Rasul-Nya mewajibkan kaum Mukmin untuk beriman para Nabi dan Rasul yang diutus sebelum Nabi Muhammad Saw. Namun, berapa jumlah persis mereka hanya Allah Swt yang mengetahui. Ada Nabi dan Rasul yang dikisahkan di dalam Al-Qur’an, dan ada pula yang tidak dikisahkan. Allah Swt berfirman, yang artinya:

Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang Rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak dapat bagi seorang Rasul membawa suatu mukjizat, melainkan dengan seizin Allah; maka apabila telah datang perintah Allah, diputuskan (semua perkara) dengan adil. Dan ketika itu, rugilah orang-orang yang berpegang kepada yang batil.” [QS Al-Mukmin (40): 78]

Kewajiban seorang Muslim adalah mengimani (tanpa keraguan sedikitpun) terhadap Nabi dan Rasul yang nama dan kisahnya disebutkan di dalam Al-Qur’an dan hadis-hadis mutawatir. Al-Qur’an telah menyebut nama 25 Nabi dan Rasul, serta kisah-kisah mereka. Nama nama Nabi dan Rasul itu serta kisah-kisahnya wajib diimani dan dibenarkan.

Nama-nama Nabi dan Rasul yang disebutkan di dalam Al Quran adalah: Adam, Idris, Nuh, Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya’qub, Yusuf, Yunus, Yusuf, Lu , Saleh, Hud, Dawud, Sulaiman, Ayyub, Musa, Harun, Syu’aib, Zulkifli, Ilyas, Zakaria, Yahya, Isa, dan Muhammad Saw. Di antara para Rasul tersebut ada yang termasuk dalam Ulul Azmi, yakni Nuh As, Ibrahim As, Musa As, Isa As, dan Muhammad Saw. Lima Nabi ini termasuk dalam Ulul Azmi karena keteguhan dan kesabaran hati mereka yang luar biasa.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 3/18/2018

Ditulis Oleh : Budi OryzaSativa ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Jumlah Nabi dan Rasul yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top