Pengertian dan Memberi Komentar

Pengertian dan Memberi Komentar - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, komentar adalah ulasan atau tanggapan atas berita, menjelaskan. Pada aspek ini Anda harus memberikan komentar terhadap teks cerpen yang sudah Anda baca. Komentar Anda didasarkan pada dua hal, yaitu mengomentari nilai-nilai yang terkandung dalam teks dan mengomentari makna atau pesan yang terkandung dalam teks.

Pengertian dan Memberi Komentar

Nilai-nilai yang dikomentari, yaitu:

  1. nilai budaya menyangkut adat istiadat yang berlaku di suatu daerah atau di suatu negara yang berhubungan erat dengan cara hidup, cara berpikir, dan cara bekerja.
  2. nilai keagamaan menyangkut konsep mengenai penghargaan tinggi yang diberikan oleh warga masyarakat kepada beberapa masalah pokok dalam kehidupan keagamaan yang bersifat suci sehingga dijadikan pedoman bagi tingkah laku warga masyarakat yang bersangkutan.
  3. nilai moral menyangkut ajaran tentang baik buruknya perbuatan, sikap, kewajiban, akhlak, budi pekerti, dan kesusilaan yang diterima umum.
  4. nilai sosial menyangkut segala hal yang berkenaan dengan kemasyarakatan atau hal-hal yang menyangkut kepentingan orang banyak, seperti gotong-royong, tolong-menolong, hidup bertetangga, atau peduli lingkungan.


Mengomentari makna atau pesan dalam suatu teks berarti kalian mengomentari maksud pembicara atau penulis dalam karyanya, atau dapat pula kalian mengomentari pengertian yang diberikan kepada suatu bentuk kebahasaan.

Coba kalian perhatikan hasil tulisan di majalah atau surat kabar? Ada tulisan yang menggunakan kata-kata yang indah. Ada tulisan yang menyebabkan kesan mendalam bagi pembacanya. Ada juga tulisan yang menyentuh perasaan pembacanya. Pada bagian ini Anda akan mengungkapkan tanggapan terhadap isi dan cara penyajian sebuah tulisan.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 8/28/2017

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian dan Memberi Komentar yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top