Merencanakan Kerangka Laporan

Merencanakan Kerangka Laporan - Sebuah kerangka laporan mengandung rencana kerja, memuat ketentuan-ketentuan pokok bagaimana suatu topik harus diperinci dan dikembangkan. Kerangka karangan menjamin suatu penyusunan laporan yang logis dan teratur, serta memungkinkan seorang penulis membedakan gagasan utama dengan gagasan tambahan.

Membuat kerangka laporan dapat didasarkan pada lima hal.

A. Berdasarkan urutan waktu
Bila kegiatan kita lakukan berhari-hari, kerangka laporan dibuat dari hari pertama melaksanakan kegiatan sampai dengan hari yang terakhir.

B. Berdasarkan urutan klimaks dan antiklimaks
Penyusunan laporan kegiatan secara klimaks berarti laporan disusun berdasarkan kegiatan yang kurang penting, meningkat ke kegiatan yang lebih penting, dan akhirnya kegiatan yang terpenting. Jadi, kegiatan yang terpenting dilaporkan pada bagian paling akhir dari laporan. Sebaliknya, penyusunan laporan kegiatan yang berpola antiklimaks laporan dimulai dari hal yang terpenting, baru kemudian ke hal yang semakin kurang penting.

C. Berdasarkan urutan tempat
Bila kegiatan kita berupa kunjungan ke suatu tempat atau daerah, laporan disusun secara teratur dari depan ke belakang, dari kanan ke kiri, dari utara ke selatan, dari bawah ke atas, dan sebagainya.

D. Berdasarkan urutan sebab-akibat Contoh
Bila kegiatan kita berupa peninjauan ke suatu daerah yang dilanda musibah banjir, kerangka laporan dapat disusun sebagai berikut:
1) Lokasi bencana
a) di mana tempat kejadiannya
b) bilamana terjadinya bencana

2) Sebab-sebab terjadinya banjir
a) hujan yang terus-menerus
b) perumahan yang terlampau padat
c) sistem saluran air yang kurang baik

3) Akibat terjadinya banjir
a) penduduk sakit atau meninggal
b) perumahan atau bangunan lainnya rusak
c) lahan pertanian rusak
d) dan sebagainya

E. Berdasarkan urutan umum-khusus
Dengan pola ini, penyusunan laporan dimulai dari hal yang paling umum. Setelah itu baru menjelaskan hal-hal yang khusus.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 7/02/2017

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Merencanakan Kerangka Laporan yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top