Motivasi Menulis

Layanan Informasi BK

Layanan Informasi BK - Layanan informasi merupakan layanan yang diberikan oleh guru BK/Konselor dalam rangka menambah wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap siswa. Beberapa layanan informasi yang dapat diberikan antara lain: informasi akademis, informasi karir, informasi hal-hal yang berkembang dan up to date untuk dibahas.  Informasi yang diberikan akan menambah WPKNS untuk mendukung pengembangan potensi peserta didik secara optimal.


Layanan Informasi BK


Ada tiga alasan utama mengapa pemberian informasi perlu diselenggarakan:

  1. Membekali individu dengan berbagai pengetahuan tentang lingkungan yang diperlukan untuk memecahakan masalah yang dihadapi berkenaan dengan lingkungan sekitar, pendidikan, jabatan, maupun sosial budaya.
  2. Memungkinkan individu dapat menentukan arah hidupnya. syarat dasar untuk menentukan arah hidup adalah apabila ia mengetahui apa (informasi) yang harus dilakukan serta bagaimana bertindak secara kreatif dan dinamis berdasarkan atas informasi-informasi yang ada itu. Dengan kata lain, berdasarkan atas inforasi yang diberikan individu diharapkan dapat membuat rencana-rencana dan keputusan masa depannya serta bertanggung jawab atas rencana dan keputusan yang dibuatnya itu.
  3. Setiap individu adalah unik. Keunikan itu akan membawakan pola-pola pengambilan keputusan dan bertindak yang berbeda-beda disesuaikan dengan aspek-aspek kepribadian masing-masing individu.
Labels: Psikologi Pendidikan

Thanks for reading Layanan Informasi BK. Please share...!

0 Komentar untuk "Layanan Informasi BK"

Back To Top