Motivasi Menulis

Pemanfaatan Secara Lestari Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya

Pemanfaatan Secara Lestari Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya - Pemanfaatan secara lestari sumber daya alam ha yati dan ekosistemnya dilakukan melalui kegiatan:
a. pemanfaatan kondisi lingkungan kawasan peles tarian alam;
b. pemanfaatan jenis tumbuhan dan satwa liar.



Pemanfaatan kondisi lingkungan kawasan pelestarian alam dilakukan dengan tetap menjaga kelestarian fungsi kawasan. Pemanfaatan jenis tumbuhan dan satwa liar dilakukan dengan memperhatikan kelangsungan potensi, daya dukung, dan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa liar. Kawasan pelestarian alam terdiri atas taman nasional, taman hutan raya, dan taman wisata alam.

Kawasan taman nasional dikelola dengan sistem zona yang terdiri atas zona inti, zona penyangga, dan zona pemanfaatan. Kawasan taman nasional diatur sedemikian rupa agar terjaga kelestariannya, misalnya de ngan pengaturan seperti berikut.

  1. Setiap orang dilarang melakukan kegiatan yang dapat mengakibatkan perubahan terhadap ke utuh an zona inti taman nasional.
  2. Perubahan terhadap keutuhan zona inti taman nasional meliputi pengurangan, penghilangan fungsi, dan luas zona inti taman nasional, serta penambahan jenis tumbuhan dan satwa lain yng tidak asli.
  3. Setiap orang dilarang melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan fungsi zona penyangga dan zona pemanfaatan dari taman nasional, taman hutan raya, dan taman wisata alam.
  4. Pengelolaan taman nasional, taman hutan raya, dan taman wisata alam dilaksanakan oleh peme rintah.
  5. Di dalam zona pemanfaatan taman nasional, ta man hutan raya, dan taman wisata alam dapat di bangun sarana kepariwisataan berdasarkan renca na pengelolaan terpadu.
  6. Untuk kegiatan kepariwisataan dan rekreasi, pemerintah dapat memberikan hak pengusahaan atas zona pemanfaatan taman nasional, taman hu tan raya, dan taman wisata alam dengan meng ikutsertakan masyarakat.



Labels: geografi

Thanks for reading Pemanfaatan Secara Lestari Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Please share...!

0 Komentar untuk "Pemanfaatan Secara Lestari Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya"

Back To Top