Motivasi Menulis

Globalisasi dalam Bidang Politik

Globalisasi dalam Bidang Politik - Sebuah negara menjadi negara yang merdeka dan mandiri, jika negara tersebut memiliki kedaulatan. Kedaulatan itu sendiri memiliki dua bentuk, yaitu kedau latan ke dalam dan kedaulatan ke luar. Kedaulatan ke dalam adalah kekuasaan suatu negara untuk mengatur fungsi-fungsi pemerintahan negara, seperti kekuasaan untuk menguasai dan mengelola sumber-sumber ekonomi. Adapun kedaulatan ke luar adalah kekuasaan suatu negara untuk melakukan hubungan dan kerja sama dengan negara lain.

Globalisasi dalam Bidang Politik


Globalisasi dalam bidang ekonomi yang ditandai dengan meng guritanya perusahaan-perusahaan multinasional membawa pengaruh terhadap dikua sainya sumber-sumber ekonomi oleh perusahaan multi nasional dan akibatnya pendapatan negara tersebut menjadi lebih kecil dibandingkan dengan pendapatan perusahaan multinasional. Ada sebuah pendapat yang mengatakan bahwa parahnya krisis ekonomi Indonesia disebabkan oleh adanya kekuatan asing, yaitu peru sahaan multinasional yang memainkan dan men jatuhkan nilai mata uang rupiah.

Masuk dan berkuasanya kekuatan ekonomi global tentunya membawa pengaruh terhadap bidang politik. Kekuatan ekonomi global yang diarahkan pada pembentukan tindakan negatif jelas dapat mengganggu stabilitas dan kewibawaan pemerintah. Negara tidak lagi dapat mengontrol pergerakan ekonomi terutama uang yang me nyebabkan 􀃁 uktuasi nilai mata uang. Kemudian, dimainkan pula oleh kekuatan dari luar negara untuk menggoyang pemerintahan.

Kewibawaan pemerintah dan risiko politik akan sangat berat ditanggung pemerintah jika ada sebuah perusahaan multinasional memutuskan untuk memindahkan basis operasinya ke negara lain. Hal ini tentunya buruh yang terkena dampak pemutusan hubung an kerja sehingga mendorong untuk melakukan aksi unjuk rasa. Pengaruh unjuk rasa ini akan menyebabkan kerugian ekonomi dan ongkos sosial yang sangat mahal.

Pengaruh globalisasi dalam bidang politik juga sangat terasa. Seperti terlihat dari sikap pemerintah yang harus mempertimbangkan dan melaksanakan tekanan negara-negara internasional. Misalnya, dugaan kasus pelang garan hak asasi manusia atau dugaan kepemilik an senjata pemusnah massal, seperti Irak sehingga apabila ada negara yang melakukan pelanggaran maka akan mendapatkan sanksi internasional berupa embargo sampai dengan sanksi militer.

Pengaruh globalisasi yang begitu besar terhadap kehidupan politik tentunya harus dihadapi pemerintah dengan berbagai program dan kebijakan. Program dan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah tersebut diharapkan dapat mengangkat nilai-nilai kebangsaan dan derajat bangsa dalam pergaulan internasional.


Labels: Pendidikan Kewarganegaraan

Thanks for reading Globalisasi dalam Bidang Politik. Please share...!

0 Komentar untuk "Globalisasi dalam Bidang Politik"

Back To Top