Pengertian Gelombang Mekanik

Pengertian Gelombang Mekanik - Gelombang yang digunakan untuk siaran radio, televisi, dan telepon seluler adalah gelombang elektromagnet, sedangkan gelombang tsunami, gelombang pada tali, dan gelombang bunyi merupakan contoh gelombang mekanik.

Pengertian Gelombang Mekanik

Gelombang mekanik adalah gelombang yang memerlukan medium dalam penjalarannya, sedangkan gelombang elektromagnet dapat menjalar melalui ruang hampa dan juga dapat menjalar pada medium.

Batu kecil dijatuhkan di permukaan air di S. Pada permukaan air timbul gelombang yang merambat dari S ke tepi tangki riak melalui kertas di P. Kertas di P bergerak naik turun berulang-ulang (P bergetar), tetapi kertas tidak berpindah tempat. Dengan kata lain energi getaran berpindah dari sumbernya (S) ke titik lain termasuk ke titik P. 

Gangguan keseimbangan yang menimbulkan gelombang disebut usikan. Jadi gelombang adalah pola perambatan getaran atau usikan yang menjalar atau perambatan energi getaran

Gelombang tidak memindahkan medium, tetapi memindahkan energi getaran dari sebuah sumber ke tempat lain.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 9/04/2016

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Gelombang Mekanik yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top