-->
Motivasi Menulis

Pembangunan di Bidang Pertanian

Pembangunan di Bidang Pertanian - Usaha-usaha itu adalah intensifikasi pertanian, diversifikasi pertanian,
ekstensifikasi pertanian, dan rehabilitasi pertanian.

Pembangunan di Bidang Pertanian

  1. Intensifikasi pertanian, yaitu peningkatan hasil pertanian secara maksimal dengan menggunakan teknologi tepat guna, seperti penggunaan alat-alat modern, irigasi yang baik, penggunaan bibit unggul, pestisida, dan pupuk.
  2. Ekstensifikasi pertanian, yaitu perluasan areal persawahan dengan pembangunan irigasi baru, pemanfaatan daerah rawa, dan perluasan areal pertanian baru dengan mengelola lahan tidak produktif dan semak hutan menjadi daerah pertanian.
  3. Diversifikasi pertanian, yaitu memperbanyak jenis-jenis tanaman pertanian sesuai dengan potensi sumber daya alam yang terdapat di suatu daerah, seperti tanaman palawija dan tanaman keras.
  4. Rehabilitas pertanian, ialah memperbaiki kembali lahan kritis lewat penghijauan (reboisasi), terasering, pemupukan alami, dan menanam pohon-pohon produktif.


Pembangunan pertanian tetap menjadi perhatian utama dalam pembangunan perekonomian karena:


  • mayoritas penduduk Indonesia tinggal di daerah pedesaan;
  • mayoritas penduduk pedesaan berada pada tingkat perekonomian yang masih rendah yang tercermin dari jumlah pendapatan lebih rendah bila dibandingkan dengan penduduk kota sampai saat ini petani masih belum dapat menikmati keuntungan dari hasil bertaninya;
  • keterikatan kepada norma-norma tradisional sehingga sering menimbulkan sikap sukar menerima perubahan termasuk perubahan dalam hal bertani.


Upaya-upaya pembangunan pertanian dilakukan dengan perubahan dan peningkatan hasil pertanian melalui usaha-usaha secara terpadu, serasi, dan merata serta tetap memelihara kelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup.
Labels: geografi

Thanks for reading Pembangunan di Bidang Pertanian. Please share...!

0 Komentar untuk "Pembangunan di Bidang Pertanian"

Back To Top