Sidang I BPUPKI

Sidang I BPUPKI, -  29 Mei–1 Juni 1945 - Dalam sidang I BPUPKI, dibicarakan asas dan dasar negara Indonesia merdeka. Usul tersebut kali pertama dikemukakan oleh Mohammad Yamin pada 29 Mei 1945. Mohammad Yamin mengusulkan lima asas dan dasar bagi Negara Indonesia merdeka yang akan didirikan, antara lain sebagai berikut. 
1) Peri kebangsaan
2) Peri kemanusiaan
3) Peri ketuhanan
4) Peri kerakyatan
5) Kesejahteraan sosial

Sidang BPUPKI

Setelah selesai berpidato, Mohammad Yamin menyampai kan konsep asas dan dasar Negara Indonesia merdeka secara tertulis kepada ketua sidang, yang berbeda dengan isi pidato sebelum nya. Asas dan dasar Indonesia merdeka secara tertulis menurut Mohammad Yamin adalah sebagai berikut.
1) Ketuhanan Yang Maha Esa
2) Persatuan kebangsaan Indonesia
3) Rasa kemanusian yang adil dan beradab
4) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijak sanaan dalam permusyawaratan/per wakilan
5) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Setelah Mohammad Yamin menyampaikan pendapatnya, kemudian Soepomo menyampaikan pe mikiran - nya mengenai asas dan dasar Negara Indonesia merdeka. Gagasan Soepomo mengenai dasar Negara Indonesia merdeka adalah sebagai berikut.
1) Persatuan
2) Kekeluargaan
3) Keseimbangan lahir dan batin
4) Musyawarah
5) Keadilan rakyat

Pada 1 Juni 1945, Ir. Soekarno menyampaikan pendapatnya mengenai asas dan dasar negara Indonesia merdeka yang isinya sebagai berikut.
1) Kebangsaan Indonesia
2) Internasionalisme atau peri kemanusiaan
3) Mufakat atau demokrasi
4) Kesejahteraan sosial
5) Ketuhanan Yang Maha Esa

Ir. Soekarno dalam sidang itu pun menyampaikan bahwa kelima dasar Negara tersebut dinamakan Panca Dharma. Kemudian, atas saran seorang ahli bahasa Ir. Soekarno mengubahnya menjadi Pancasila.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 7/23/2016

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Sidang I BPUPKI yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top