Perilaku Melestarikan Lingkungan Hidup

Perilaku Melestarikan Lingkungan Hidup - Pembangunan yang dilaksanakan di Indonesia, pada satu sisi membawa dampak yang sangat positif namun di sisi lain membawa dampak negatif terhadap kelestarian hutan. 

Mari Peduli Lingkungan

Akibatnya pencapaian pertumbuhan ekonomi di satu sisi dan konservasi lingkungan di sisi lain seolah menjadi dua sisi pembangunan yang saling berseberangan. Perusakan hutan yang semakin marak mengakibatkan degradasi fungsi hutan yang semakin memprihatinkan. Degradasi ini disebabkan oleh adanya aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya hutan serta pengelolaan hutan yang tidak tepat, antara lain ilegal logging, perambahan, penjarahan, okupasi lahan, kebakaran hutan, serta pengolahan kayu yang melebihi kemampuan supply bahan bakunya.

Kondisi seperti ini semakin diperparah oleh lemahnya penegakan hukum, lambatnya pemulihan ekonomi, rendahnya kesejahteraan masyarakat, merebaknya konflik sosial serta kurangnya sinergitas pengelolaan hutan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, serta perilaku dan peran masyarakat itu sendiri dalam pelestarian hutan.

Kondisi di atas tentunya tidak boleh kita biarkan karena keberlangsungan hidup kita akan tergantung pada daya dukung dan daya tampung lingkungan, kualitas hidup kita juga akan tergantung pada kualitas lingkungan, serta sebagai khalifatullah fil ard (wali Allah di muka bumi) maka kita pun memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan.

Tuhan memang telah mengaruniakan lingkungan hidup kepada masyarakat Indonesia yang kaya ini untuk diambil manfaatnya demi kesejahteraan umat manusia, karena itu kita harus bersyukur dengan cara memelihara kelestariannya. Tanah, hutan, dan kekayaan alam ini pada hakekatnya adalah titipan anak cucu kita, agar di masa mendatang mereka pun dapat memanfaatkan untuk kelangsungan hidupnya.

Pengalaman negara maju, seperti Jepang, ternyata meskipun kegiatan industri dan perdagangan Jepang tumbuh demikian tinggi dalam beberapa dekade terakhir, akan tetapi konservasi lingkungan mereka juga sangat baik sehingga saat ini ternyata tidak kurang dari 70% wilayah Jepang ditutupi oleh hutan yang terpelihara baik.

Hal ini membuktikan bahwa pencapaian pertumbuhan ekonomi bisa dilakukan secara bersamaan dengan upaya konservasi lingkungan, sepanjang masyarakat, dunia usaha dan pemerintah senantiasa bergandengan tangan dalam mengelola lingkungan.

Oleh karena itu, sebagaimana dikemukakan sebelumnya bahwa Allah Swt mengingatkan tentang potensi sumber daya alam yang melimpah baik di darat maupun dilautan untuk bisa dikelola untuk kepentingan manusia. Pengelolaan lingkungan pesisir dan laut sesungguhnya tidak bisa terlepas dari pengelolaan lingkungan dalam batasan daerah aliran sungai. Wilayah pesisir dan laut merupakan muara dari suatu daerah aliran sungai sehingga dampak dari aktivitas pembangunan yang dilakukan di daerah hulu akan dirasakan di daerah pesisir.

Karena itu, pengelolaannya tidak bisa dibatasi dalam batasan wilayah administrasi namun harus dilakukan secara terkoordinasi dalam batasan daerah aliran sungai. Dengan demikian, kewajiban mengelola lingkungan pesisir tidak hanya melekat pada masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir saja namun juga merupakan kewajiban seluruh masyarakat yang tinggal di daerah hulunya. Perlu ada kerjasama semua pihak untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Berkaitan dengan itu, pembangunan daerah yang akan kita laksanakan ke depan adalah pembangunan daerah yang berada dalam koridor pembangunan berkelanjutan. Sebagai konsekuensinya segala langkah pembangunan saat ini harus senantiasa mempertimbangkan pengaruhnya bagi generasi yang akan datang, bagi daerah lain dan bagi kelompopk masyarakat lain.

Sebagai bagian dari masyarakat dunia, kita memang mutlak dituntut untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan. Hal itu sejalan pula dengan millenium development goals yang dicanangkan oleh para pemimpin negaranegara sedunia di Johanesburg beberapa waktu yang lalu, antara lain :
􀂄 Mengurangi tingkat kemiskinan dan kelaparan yang parah;
􀂄 Mencapai pendidikan dasar secara menyeluruh;
􀂄 Memastikan keberlanjutan lingkungan hidup; serta
􀂄 Mengembangkan kemitraan global dalam pembangunan.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 6/11/2016

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Perilaku Melestarikan Lingkungan Hidup yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top