-->
Motivasi Menulis

Pengertian Organisasi, Disorganisasi, dan Reorganisasi

a. Organisasi
Organisasi adalah kesatuan dari bagian-bagian yang merupakanbagian dari satu kebulatan, yang sesuai  dengan fungsinya masing-masing. Sebuah kota adalah bentuk organisasi, di dalamnya terdapat berbagai komponen yang melakukan fungsinya masing-masing untuk menjalankan roda kehidupan. Bagian-bagian tersebut saling berhubungan, dimana masing-masing mempunyai ketergantungan. Contoh yang lebih kecil adalah organisasi tubuh manusia. Apabila salah satu anggota bagian tubuh rusak atau sakit, misalnya mata maka akan terjadi kekacauan dalam tubuh manusia secara keseluruhan.

Pengertian Organisasi, Disorganisasi, dan Reorganisasi
b. Disorganisasi
Disorganisasi merupakan proses berpudarnya norma-norma dan nilai-nilai dalam suatu masyarakat dikarenakan terjadinya perubahan lembagalembaga kemasyarakatan. Disorganisasi terjadi manakala dalam suatu sistem atau organisasi terjadi ketidakcocokan antar bagian-bagian atau elemenelemen tertentu, sehingga menimbulkan tercerai-berainya sistem. Contohnya adalah dalam suatu organisasi partai politik, ada kelompok yang orientasi politiknya tidak sejalan dengan kebijakan partai, maka kemudian memisahkan diri, atau membentuk partai baru. Proses disorganisasi inilah yang merupakan suatu proses perubahan.

c. Reorganisasi
Reorganisasi merupakan proses pembentukan norma-norma dan nilainilai  baru untuk menyesuaikan diri dengan lembaga kemasyarakatan yang mengalami perubahan. Artinya ada proses adaptasi dari bagian-bagian organisasi atau masyarakat terhadap konsep organisasi baru.
Labels: sosiologi

Thanks for reading Pengertian Organisasi, Disorganisasi, dan Reorganisasi. Please share...!

1 komentar on Pengertian Organisasi, Disorganisasi, dan Reorganisasi

  1. Terimakasih, artikel di atas membantu saya menemukan sebuah informasi yang sedang saya butuhkan.

    BalasHapus

Back To Top