Pengertian Norma Kesusilaan

Pengertian Norma Kesusilaan - Norma Kesusilaan Norma kesusilaan adalah peraturan hidup yang di anggap sebagai suara hati nurani manusia. Lahirnya norma kesusilaan bersamaan dengan kelahiran atau keberadaan manusia itu sendiri, tanpa melihat jenis kelamin maupun suku bangsa. Suara hati nurani yang dimiliki manusia selalu mengatakan tentang kebenaran dan tidak akan dapat dibohongi oleh siapa pun. Suara hati nurani sebagai suara kejujuran merupa kan suara yang akan mengarahkan manusia kepada kebaikan.

Norma Kesusilaan

Untuk mengetahui suara hati nurani, ayo kita renungkan contoh kasus berikut. Kamu menemukan
dompet yang tertinggal di kamar kecil sekolah. Dompet tersebut berisi uang yang cukup banyak. Jumlah uang tersebut cukup untuk uang jajanmu selama satu bulan. Ketika kamu berjalan menuju kelas, kamu melewati papan pengumuman. Kamu membaca peng umuman bahwa salah seorang siswa telah kehilangan dompet. Pemikiran apakah yang terlintas dalam dirimu?

Norma kesusilaan sebagai bisikan suara hati nurani memiliki kaitan dengan norma agama. Hal ini mengandung arti ajaran norma agama juga merupakan kaidah kesusilaan, seperti “Hormati orangtuamu, agar engkau selamat di dunia dan akhirat.” Norma kesusila an juga dapat memiliki kaitan dengan norma hukum, seperti “Jangan membunuh sesama manusia.” Larangan membunuh sesama juga diatur dalam semua norma yang ada dan berkembang dalam masyarakat.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 4/14/2016

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Norma Kesusilaan yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top