Pengertian Norma Agama

Pengertian Norma Agama - Norma agama merupakan sekumpulan kaidah atau peraturan hidup manusia yang bersumber dari wahyu Tuhan. Setiap pemeluk agama akan meyakini bahwa apa pun yang diatur dalam norma agama berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Pemahaman akan sumber norma agama yang berasal dari Tuhan, akan men dorong manusia untuk me ngen dalikan sikap dan peri laku dalam hidup dan kehidupannya. Setiap manusia akan selalu berusaha melaksanakan hal yang dipe rintahkan Tuhan dan meninggalkan apa yang dilarang-Nya. Ada punbagi pelaku pelanggaran terhadap norma agama  akan mendapatkan sanksi berupa dosa serta keyakinan akan adanya pembalasan terhadap perilaku baik atau pun buruk di hari kemudian (hari akhirat).

Norma Agama

Agama yang berkembang dan diakui di Indonesia tidak hanya satu. Oleh karena itu pelaksanaan norma agama dalam masyarakat Indonesia sangat bervariasi ber gantung pada agama yang dianutnya. Norma agama biasanya terdapat pada kitab suci yang ber sumber dari wahyu Tuhan. Norma agama bagi umat muslim bersumber pada Al-Quran dan hadits Nabi Muhammad SAW. Umat Kristen Protestan dan Katholik kaidah hidupnya bersumber pada Al-Kitab. Umat Hindu kaidah hidupnya ber sumber pada Weda. Ada pun umat Buddha kaidah hidup nya bersumber pada Tripitaka.

Norma agama dalam pelaksanaannya tidak hanya meng atur hubungan manusia dengan Tuhan, tetapi meng atur bagai mana hubungan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan lainnya. Manusia sebagai makh luk ciptaan Tuhan dilengkapi dengan kemam puan akal dan pikiran. Melalui akal tersebut manusia di beri tanggung jawab oleh Tuhan untuk tidak me manfaatkan alam saja, tetapi harus juga memelihara serta meles tari kannya. Selain itu, manusia juga dituntut untuk men ciptakan kebaikan dan kebahagiaan antarsesama manusia.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 4/14/2016

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Norma Agama yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

1 komentar:

Poskan Komentar

Back to top