Proses Integrasi

Proses Integrasi  - Integrasi sosial tidak pernah dapat dicapai dengan sempurna, namun secara fundamental sistem sosial   selalucenderung bergerak ke arah keseimbangan  yang dinamis. Proses integrasi tidak bisa terjadi begitu saja. Integrasi merupakan proses panjang dalam waktu lama. Terjadinya proses integrasi suatu bangsa harus dilandasi suatu cita-cita atau tujuan yang sama.

Proses Integrasi

Dalam konteks bangsa Indonesia, integrasi harus berjalan  secara alamiah. Maksudnya, integrasi harus berjalan sesuaikeanekaragaman budaya bangsa dan harus  lepas darihegemoni dan dominasi peranan politik etnik  tertentu. Proses integrasi dilakukan melalui fase sosial dan politik. Ogburn dan Nimkof berpendapat bahwa integrasi melalui sebuah proses seperti bagan berikut ini.

Jika diperhatikan proses-proses tersebut dapat juga berfungsi untuk meredakan dan mengendalikan konflik.

a. Akomodasi
Akomodasi adalah suatu proses ke arah tercapainya kesepakatan sementara yang dapat diterima oleh pihak yang terlibat konflik. Akomodasi terjadi pada orang-orang atau kelompok yang mau tidak mau harus bekerja sama walaupun dalam kenyataannya mereka berbeda paham. Tanpa akomodasi dan kesediaan akomodasi, pihak yang terlibat konflik tidak akan mungkin bekerja sama untuk selamalamanya. Jadi, dengan adanya akomodasi integrasi dapat terwujud.

b. Kerja sama
Kerja sama merupakan perwujudan minat dan perhatian orang untuk bekerja bersama-sama dalam suatu kesepahaman.Kerja sama dapat dijumpai dalam  masyarakat manapun, baik pada kelompok kecil maupun besar.

c. Koordinasi
Koordinasi adalah kerja sama yang dilakukan oleh pihakpihak yang terlibat konflik, yaitu pihak yang  menang terhadap pihak yang kalah. Misalnya, saat pemilihan ketua partai politik. Dalam pemilihan tersebut ada dua orang calon ketua.Setelah dilakukan pemungutan suara diperoleh satu calon ketua. Pemenang  mengajak pihak yangkalah untuk bekerja sama demi keutuhan dan integrasi partai yang bersangkutan.

d. Asimilasi
Asimilasi adalah proses sosial yang ditandai oleh adanya usaha mengurangi perbedaan yang terdapat  antara orang perorang atau kelompok. Proses asimilasi  ditandai denganpengembangan sikap-sikap yang sama dengan  tujuan mencapai kesatuan atau paling sedikit mencapai integrasidalam organisasi, pikiran, dan tindakan.

Upaya integrasi nasional bangsa Indonesia jika dilihat dari sejarahnya telah lama dilakukan, yaitu mulai zaman Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit. Kedua kerajaan tersebut berusaha mempersatukan seluruh wilayah kekuasaan dibawah naungan kerajaan tersebut. Proses integrasi terus berlangsungsampai dengan berkembangnya kekuasaan Islam diIndonesia. Terjalinnya hubungan komunikasi  antardaerah di Indonesia mengakibatkan terjadinya integrasi di segala bidang kehidupan antarberbagai suku di Indonesia. Proses integrasiyang terjadi pada abad ke-16 sampai  dengan abad ke-19bermanfaat besar dalam perkembangan  bangsa Indonesia sekarang. 

Bangsa Indonesia adalah suatu bangsa yang mengalami proses panjang  dalam melakukan integrasi nasional.Integrasi nasional bangsa Indonesia terus menerus diuji. Banyak upaya yang dilakukan  untuk memecah integrasi bangsaIndonesia sejak sebelum kemerdekaan, setelah kemerdekaan, Orde Baru, danOrde Reformasi. Mulai dari PRRI, DI/TII, Permesta, GAM,  OPM, sampai pada lepasnya Timor Timur, Sipadan, dan Ligitan dari negara kesatuan RepublikIndonesia.

Melalui proses integrasi itulah bangsa Indonesia yang terdiri atas banyak suku dapat disatukan ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Walaupun terdiri atas berbagai bahasadaerah dan berada di berbagai pulau, Indonesia dapat disatukan oleh bahasa Indonesia. Perbedaan yang ada dalam diri bangsa Indonesia dapat dinetralisasi dengan toleransi, saling menghormati, dan tenggang rasa. Proses integrasi bangsa Indonesia juga dipermudah dengan adanya perkawinan campuranantarsuku bangsa. Hal itu disebabkan oleh makin pesatnya komunikasi  dan transportasi.

Suatu integrasi nasional tercapai jika unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat secara nasional sudah menjadi pola kehidupan yang serasi akan terwujud suatu bentuk keteraturan dalam bidang-bidang kehidupan di masyarakat.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 2/25/2016

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Proses Integrasi yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top