Hubungan Bahasa, Seni, dan Religi

Hubungan Bahasa, Seni, dan Religi - Kebudayaan merupakan susunan sistem kompleks. Setidaknya terdapat tujuh unsur kebudayaan universal, yaitu berupa: bahasa, sistem teknologi, sistem pengetahuan, sistem matapencarian, sistem religi, sistem kekerabatan, kesenian, dan sistem organisasi sosial.

Hubungan Bahasa Seni dan Religi

Dengan demikian, bahasa, seni dan religi hanya sebagian dari unsur kebudayaan universal tersebut. Secara terpisah telah diulas fungsi bahasa, seni, dan religi. Bahasa merupakan sarana dalam pewarisan, pengembangan, dan penyebar an kebudayaan. Secara sederhana, bahasa dipahami sebagai sistem simbol yang disepakati bersama dan merupakan hasil belajar budaya. Bahasa merupakan sarana penyaluran kepercayaan, nilai, estetika, dan norma, termasuk seni dan religi.

Perkembangan dunia seni cenderung membebaskan diri dari nilai- nilai agama, moral, dan norma-norma kemasyarakatan di dorong pengaruh budaya Barat yang materialisme dan bebas nilai. Adanya perbedaan pandangan mengenai kriteria karya seni yang dikatakan porno atau bukan, menjadi sangat alot. Setiap pihak yang berselisih paham bersikukuh  padapendiriannya. Hal tersebut memperlihatkan betapa seni pun tak bisa dilepaskan dari kehidupan spiritual. Jika diamati lebih jauh, sebenarnya dalam kehidupan nyata, antara seni religi dan bahasa seperti satu kesatuan.

Berbagai kegiatan keagamaan dapat dinikmati sebagai seni dan praktik bahasa tanpa mengurangi apresiasi spiritualnya. Misalnya, wayang kulit di Jawa Tengah, dikenal sebagai sarana pe nyebar an agama Islam. Dalam setiap pergelaran wayang, dalang selalu menyampaikan pesan-pesan moral Islam dalam bahasa Jawa. Bagi seorang jawa, nilai-nilai moral wayang dapat ditangkap sebagai ajaran tentang baik-buruk, tentang perilaku etis yang diajarkan agama. Pertunjukan wayang sendiri dapat dinikmati sebagai kesenian, berupa paduan yang kompleks dari berbagai bunyi gamelan dan karya seni rupa, serta seni suara yang dimainkan oleh dalang dan rombongan. Adapun itu gaya bercerita dalang, merupakan wujud bahwa baik dalam seni ataupun agama, bahasa merupakan sarana yang dapat menjelaskan keindahan dan spiritualitas, baik secara terpisah maupun bersamaan.


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 2/18/2016

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Hubungan Bahasa, Seni, dan Religi yang ditulis oleh Budhii WeBlog yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Budhii WeBlog

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top