-->
Motivasi Menulis

Pengertian Kesenian

Pengertian Kesenian - Kesenian adalah suatu ekspresi manusia akan keindahan dengan latar belakang tradisi atau sistem budaya masyarakat pemilik karya seni tersebut. Dalam karya seni tersirat pesan dari masyarakatnya yang berupa pengetahuan, gagasan, kepercayaan, nilai, dan norma.

Kesenian Kuda Lumping

Menurut Koentjaraningrat, berdasarkan jenisnya kesenian dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

  1. Seni rupa, yaitu kesenian yang dinikmati manusia dengan mata. Seni yang termasuk dalam seni rupa adalah seni patung, seni ukir, dan seni lukis.
  2. Seni suara, yaitu kesenian yang dinikmati oleh manusia dengan telinga. Seni yang termasuk dalam seni suara adalah seni vokal, seni instrumental, dan seni sastra.


Selain memiliki fungsi sebagai ekspresi dari hasrat manusia akan keindahan, kelompok kecil kesenian juga memiliki fungsi sosial. Misalnya, dalam pemujaan terhadap para dewa yang berperan dalam kehidupan mereka dan roh nenek moyang. Dengan demikian, antara kesenian dan religi terdapat suatu hubungan, misalnya dalam upacara pemujaan terhadap arwah nenek moyang atau para dewa biasanya digunakan alat-alat musik untuk menciptakan harmoni yang indah dan digambarkan dalam gerak tari-tarian yang indah. Tari-tarian ditampilkan sebagai pemujaan terhadap arwah nenek moyang dan menjadi sarana untuk menitipkan harapan di masa yang akan datang. Kesenian juga merupakan tempat sosiali sasi/ pertemuan antaranggota masyarakat. Ciri yang terkandung dalam kesenian rakyat itu memiliki nilai-nilai yang merupakan refleksi dari kehidupan sehari-hari mereka.

Bentuk ekspresi seni manusia tersebut bisa juga dituangkan dalam alat-alat kehidupan sehari-hari, seperti pakaian, rumah, perahu, senjata, dan alat-alat rumah tangga. Misalnya, pada kebudayaan suku-suku bangsa di Indonesia, pakaian bukan hanya berfungsi sebagai pelindung tubuh. Pada pakaian adat di dalamnya terdapat keindahan dan simbol-simbol bermakna yang terdapat dalam warna, motif, hiasan, dan bentuknya.
Labels: antropologi

Thanks for reading Pengertian Kesenian. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Kesenian"

Back To Top