Motivasi Menulis

Pengertian Alternered

Pengertian Alternered - Susunan kekerabatan ini berarah sepihak dan berdasarkan perkawinan yang mengakibatkan anak-anak termasuk kerabat bapak atau termasuk kerabat ibu. Susunan masyarakat berdasarkan komunitas dibagi menjadi tiga di antaranya sebagai berikut.


  1. Perkampungan, terdiri atas para anggota persekutu an yang tidak berkerabat namun tinggal di suatu daerah atau lingkungan yang sama. Mereka merupakan satu kesatuan sosial yang berdiri sendiri, di atas, dan di bawahnya tidak ada kesatuan hidup (adat) lain. Sistem ini biasanya terdapat di Jawa dan Bali.
  2. Persekutuan daerah adalah suatu daerah yang merupakan satu kesatuan sosial sendiri dan dalam daerah tersebut ada beberapa kampung. Kampung-kampung tersebut memiliki tata peme rintahan sendiri yang sejenis. Setiap kampung merupakan daerah bawahan dan mengakui persekutuan daerah tersebut sebagai induknya. Misalnya, marga dengan dusun-dusunnya di Sumatra Selatan.
  3. Serikat-perkampungan adalah hubungan kerja sama antara beberapa perkampungan yang berdekatan. Persekutuan tersebut memiliki pengurus, tetapi kedudukannya sejajar dengan pengurus kampung-kampung lainnya. Model ini biasanya ter bentuk untuk mengerjakan kepentingan bersama, seperti jalan, irigasi, dan keamanan. Misalnya, serikat-serikat per kampungan yang ada di daerah Batak (Tapanuli Tengah).


Sistem penggolongan masyarakat atau pelapisan sosial dilakukan berdasarkan beberapa hal, yaitu kekayaan, jenis kelamin, pembagian kerja, atau tingkat pendidikan. Menurut sifatnya, sistem pelapisan sosial dibagi dua, yaitu tertutup (closed social stratification) dan terbuka (open social stratification). Pada pelapisan sosial terbuka, setiap anggota masyarakat memiliki kesempatan dengan kecakapan sendiri untuk naik ke lapisan yang lebih atas. Adapun dalam pelapisan tertutup, anggota masyarakat tidak bisa mengubah stratifikasi nya. Dalam hal ini status sosial diwariskan melalui kelahiran, contohnya sistem kasta di India.
Labels: antropologi

Thanks for reading Pengertian Alternered. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Alternered"

Back To Top